Jangan Dibuang, Ini 5 Jenis Sampah Plastik yang Bisa Diolah jadi BBM

beritabernas.com – Selama ini dengan mudah orang membuang sampah plastik begitu saja. Padahal sampah plastik bisa diolah menjadi BBM (bahan bakar minyak), khsusunya bensin dan solar.

Dengan menggunakan mesin pirolisis, sampah plastik tersebut bisa diolah menjadi BBM seperti bensin dan solar. Satu kilogram sampah plastik yang diolah bisa menghasilkan 1 liter bensin atau solar.

Menurut Fransiska Dani, Pemimpin Bank Sampah Go Green Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, sedikitnya ada 10 jenis plastik yang bisa diterima di bank sampah go green yang dikelolanya. Dari jumlah tersebut, ada 5 jenis sampah plastik yang bisa diolah dengan mesin pirolisis menjadi BBM berupa bensin dan solar.

BACA BERITA TERKAIT:

Kelima jenis sampah plastik yang bisa diolah dengan mesin pirolisis menjadi BBM tersebut adalah pertama, plastik jenis high density polyethylene yang sering kita temukan dalam bentuk botol minuman, pipa, tali rafia, plastik anti panas, shopping bag dan botol shampoo.

Kedua, plastik jenis low density polythlene atau termoplastik yakni jenis plastik yang bisa diolah lewat pemanasan dan pendinginan. Plastik ini terbuat dari minyak bumi yang telah diproduksi sejak tahun 1933. Karakteristiknya relatif tipis, lentur, jernih dan ringan sehingga mudah dijadikan beragam material atau produk.

Tujuh jenis sampah dan 5 di antaranya bisa diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM) berupa bensin dan solar. Foto: Dok Get Plastik

Ketiga, kantong plastik (polypropylene) yakni jenis kantong plastik bening transparan yang biasa digunakan untuk memperjelas dan memperindah tampilan suatu produk. Keempat, jenis plastik lain yang bisa diolah menjadi BBM adalah jenis polistirena atau polistyren (PS) yakni sebuah polimer dengan monomer stirena, sebuah hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi. Pada suhu ruangan, polistirena biasanya bersifat termoplastik padatdan dapat mencair pada suhu yang lebih tinggi.

Kelma, polietilen tereftalat (PET) yakni plastik poliester yang berasal dari minyak bumi dikenal karena daya tahannya yang luar biasa, sifatnya yang mudah dibentuk dan penggunaannya yang luas di berbagai bidang seperti bahan serat, botol plastik dan plastik rekayasa.

BACA JUGA:

Meski demikian, menurut Fransiska Dani, sampah plastik yang bisa diterima Yayasan Get Plastik untuk donasi adalah:

1. Plastik sachet

2. Plastik kresek

3. Plastik kantong bakso/plastik lembaran bening

4. Styrofoam 

5. Plastik bungkus mi instanĀ 

6. Sedotan plastik 

7. Plastik bungkus sabun cair

8. Plastik bungkus minyak

9. Tali rafia bekas

10. Terpal plastik 

Selama bulan Juni-Oktober 2024, Yayasan Get Plastik menggandeng BS Go-Green (salah satu penggerak AJB #3 Yogyakarta) untuk mendukung kegiatan Get the Fest dengan konsep Waste to Energy yaitu mengubah sampah plastik menjadi BBM sebagai energi kendaraan transportasi publik.

Menurut rencana, hal ini akan mendukung kebutuhan operasional 1 bis Transjogja dan kebutuhan energi untuk genset kegiatan Get the Fest berupa konser musik dan pasar tradisional di area Candi Prambanan pada Oktober 2024.

Bagi siapa pun yang berkenan mendonasikanatau menyumbangkan plastik yang tidak memiliki nilai jual, bisa dibawa ke tempat pengolahan sampah di Bank Sampah Go-Green Cupuwatu di Cupuwatu II, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik yang masuk ke TPST, sungai atau pun dibakar sendiri di rumah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *