Kebaya Foundation dan Pelestarian Busana Khas Perempuan Indonesia

beritabernas.com – Yayasan Kebaya Warisan Indonesia atau sering disebut Kebaya Foundation turut berpartisipasi dalam pagelaran busana bertajuk Garden of GAIA di Sarinah, Jakarta 16-18 Januari 2024. Peragaan busana ini menampilkan karya-karya desainer terkemuka yaitu Agnes Linggar Budhisurya dan Verturo.

BACA JUGA:

Agnes Linggar menampilkan 36 desain busana bertema keindahan alam, sedangkan Verturo menampilkan 30 karya beragam yang memperkaya keanekaragaman peragaan busana ini. Peragaan busana ini telah berlangsung dengan lancar dan menghasilkan donasi untuk mendukung karya kemanusiaan Rumah Sakit Apung DopctorShare yang didirikan oleh Dr Lie Darmawan.

Kebaya Foundation merupakan yayasan yang bergerak di bidang pelestarian dan pengembangan kebaya sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia dan telah menjadi busana khas perempuan Indonesia.

Ketua Umum Kebaya Foundation Tuti Nusandari Roosdiono merasa bangga dapat berpartisipasi dalam acara ini. Pendiri Kebaya Foundation ini mengungkapkan, kebaya bukan hanya pakaian, tetapi juga simbol kehalusan, kekuatan, dan prestasi perempuan Indonesia.

Kami berharap melalui acara ini, semangat dan nilai-nilai yang diwakili oleh kebaya dapat terus menginspirasi dan mendukung kejayaan Nusa dan Bangsa,” tutur Anggota Komisi IX DPR RI ini. 

Busana koleksi pribadi diperagakan oleh perempuan dari Kebaya Foundation. Foto: Dok Agnes Linggar

Melalui berbagai kegiatan, Kebaya Foundation terus berupaya melestarikan kebaya sebagai pakaian khas perempuan Indonesia.

“Kebaya Goes to UNESCO” adalah salah satu inisiatif Kebaya Foundation yang mendukung pengakuan kebaya sebagai warisan tak benda bangsa Indonesia. Kebaya Foundation juga berperan aktif dalam mendukung penetapan Hari Kebaya Nasional setiap tanggal 24 Juli, sebagai pengakuan terhadap pentingnya kebaya dalam budaya Indonesia. (Anton Sumarjana, Jakarta)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *