Kementerian PUPR Bangun Embung di Pusat Persemaian Bibit Pohon

beritabernas.com – Kementerian PUPR akan membangun embung untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon di Pusat Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pusat persemaian itu sendiri akan menghasilkan sekitar 12 juta bibit pohon per tahun yang bisa dimanfaatkan untuk penghijauan di kawasan IKN sesuai dengan konsep IKN sebagai kota di dalam hutan atau forest city. Sehingga pembangunan embung tersebut sangat bermanfaat.

Dikutip beritabernas.com dari akun instagram Kementerian PUPR disebutkan bahwa pemanfaatan air baku untuk bibit tanaman tersebut bersumber dari embung yang berkapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 6,3 ha.

Sementara volume tampungan embung direncanakan mampu mendukung pemanfaatan pengambilan air berkapasitas 60 liter/detik.

Dibangun dengan kedalaman efektif 2,5 meter, embung ini memanfaatkan air Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian selebar 5 meter dengan kedalaman 0,3 meter dan debit 225 liter/detik.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Pembangunan embung tersebut mendapat apresiasi dari sejumlh warganet. “wah akan semakin subur NKRI ini.terimakasih pak Bas,” komentar pemilik akun instagram @homenews.40.

Keren banget… mengangkat arsitektur vernakular lokal Kalimantan,” komentar pemilih akun instagram @purnomo_dian06. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *