Kereta Bandara, Alat Transportasi Cepat dan Super Murah dari dan ke YIA Kulonprogo

beritabernas.com – Tepat pukul 05.30 WIB (jadwal sebelum berubah maju menjadi pukul 05.20 WIB per 1 Juni 2023, red) pada Jumat 26 Mei 2023 pagi lalu, Kereta Bandara bergerak pelan dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju YIA (Yogyakarta International Airport) di Kulonprogo, DIY.

Sejurus kemudian, Kereta Bandara dari dan ke YIA Kulonprogo, DIY bercorak batik warna merah itu melaju kencang menuju YIA. Hanya dalam waktu 25 menit Kereta Bandara non ekspres bertarif murah hanya Rp 20.000 itu tiba Stasiun Kereta Api (KA) Wates, Kulonprogo, DIY.

Hanya sekitar 1 menit berhenti di Stasiun KA Wates, Kulonprogo untuk menaikkan dan menurunkan penumpang itu, Kereta Bandara itu kembali bergerak pelan untuk kemudian melaju kencang menuju YIA. Hanya membutuhkan waktu 14 menit dari Stasiun KA Wates, Kereta Bandara tiba di YIA pukul 06.09 WIB atau total hanya 39 menit lama perjalanan dari Stasiun Tugu Yogyakarta hingga YIA Kulonprogo.

“Luar biasa cepat dan murah,” tutur Amel Hapsari, salah seorang jurnalis anggota rombongan wartawan yang mengikuti acara media gathering yang diadakan OJK DIY di Balikpapan, Kaltim, 26-28 Mei 2023.

Seorang anak menikmati pemandangan dari Kereta Bandara YIA Kulonprogo, Jumat 26 Mei 2023. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Dengan lama perjalanan hanya 39 menit, rombongan wartawan bersama OJK DIY masih sempat istirahat sekitar 1 jam untuk menikmati sarapan di YIA sebelum boarding ke pesawat Lion Air yang takeoff pukul 07.45 WIB dari YIA Kulonprogo menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Kaltim.

Murah dan cepat? Ya dibanding naik mobil dari Jogja ke YIA, naik Kereta Bandara dari dan ke YIA Kulonprogo memang jauh lebih murah dan cepat. Bila menggunakan mobil/taksi online, lama perjalan dari dan ke YIA sekitar 2 jam lebih dengan biaya/tarif Rp 200 ribu lebih atau 10 kali lipat dari biaya/tarif mobil online. Demikian pula waktu tempuh jauh lebih cepat dibanding naik mobil.

Selain murah dan cepat, naik Kereta Bandara lebih aman dan nyaman. Bebas dari macet dan resiko ban kempes. Maka tak heran penumpang Kereta Bandara selalu penuh karena banyak diminati masyarakat. Pada jam-jam sibuk seperti saat pergi-pulang kerja/sekolah atau hari-hari libur Kereta Bandara penuh sehingga sebagian penumpang harus berdiri. Di luar itu, hampir semua penumpang mendapatkan tempat duduk.

Jadwal berubah per 1 Juni

Jadwal perjalanan Kereta Bandara YIA per 1 Juni 2023 berubah. Jika sebelumnya jadwal keberangkatan pertama kereta dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 04.30 WIB, maka mulai 1 Juni 2023 maju 10 menit atau pukul 04.20 WIB. Perubahan jadwal dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Namun tarif kereta Bandara YIA tetap sama yakni Rp 20.000 untuk non ekspres (berhenti sesaat di Stasiun Wates) dan Rp 50.000 kereta ekspres (tidak berhenti di stasiun Wates.

Para penumpang menikmati perjalanan Kereta Bandara YIA dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju YIA Kulonprogo, Jumat 26 Mei 2023. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Dikutip beritabernas.com dari sebuah media terpercaya, selain perubahan jadwal keberangkatan perdana Kereta Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta dari sebelumny pukul 04.30 WIB menjadi pukul 04.20 WIB atau maju 10 menit, perubahan jadwal juga terjadi pada keberangkatan perdana Kereta Bandara YIA dari Stasiun YIA menjadi pukul 05.08 WIB atau maju 12 menit dari sebelumnya pukul 05.20 WIB.

Sedangkan perubahan pada keberangkatan Kereta Bandara YIA terakhir dari Stasiun Yogyakarta, dari sebelumnya pukul 20.40 WIB maju 5 menit menjadi pukul 20.35 WIB. Kemudian, keberangkatan Kereta Bandara YIA terakhir dari Stasiun YIA maju 20 menit menjadi pukul 21.25 WIB dari sebelumnya pukul 21.45 WIB.

Meski perubahan Gapeka menyebabkan perubahan jadwal Kereta Bandara YIA, namun tidak mempengaruhi jumlah perjalanan Kereta Bandara YIA. Jumlah perjalanan Kereta Bandara YIA tetap 42 kali dalam sehari, termasuk 12 perjalanan Kereta Bandara YIA Xpress yang tidak berhenti di Stasiun Wates.

Perubahan jadwal ini tidak berpengaruh pada tarif Kereta Bandara YIA, yaitu untuk rute Yogyakarta-Wates sebesar Rp 10.000, rute YIA-Yogyakarta dan YIA-Wates sebesar Rp 20.000 dan rute YIA Xpress sebesar Rp 50.000. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *