Kerja Polisi Tim Buser Manggarai Sangat Profesional

beritabernas.com – Kerja Polisi sangat profesional dan melindungi rakyat. Saya mengutip sedikit tugas Polisi yang diatur dalam Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

Berdasarkan Pasal 13 UU Nomor 2 tahun 2002, tugas pokok kepolisian adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Menegakkan hukum. Memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Poin ini dirincikan dalam ketentuan umum pasal (1) poin 5 yang berbunyi keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum serta terbinanya ketenteraman, yang mengandung kemampuan membina dan mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Tim Buser Kepolisian adalah anggota polisi yang membantu Kanit (Kepala Unit) melakukan penyelidikan, pengejaran dan penangkapan terhadap para pelaku. Tim ini sangat menolong dan membantu masyarakat termasuk dalam mencari barang yang hilang karena kelalaian atau karena pencurian.

Tim Buser juga kita bisa mendefinisinya sebagai tim kerja cepat di lapangan untuk melaksanakan tugas pokok Polisi sebagaimana tertulis dalam pasal 13. Pasal 14 Undang-undang kepolisian ini menjelaskan tentang pedoman melaksanakan tugas pokok meliputi: melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan; menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan dan membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, polisi selalu menerima laporan masyarakat tentang kasus yang dialaminya dan melaksanakan penyelesaiannya atau minimal membantu menyelesaikannya sebagai tertera pada pasal 15 huruf a dan b yaitu: a. menerima laporan dan/atau pengaduan; b. membantu menyelesaikan perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Setiap kasus yang dialami masyarakat hampir semua tertangani dengan baik di kepolisian. Penyelesaian di kepolisian selalu membawa kepuasan dan rasa nyaman karena kita dilindungi hukum. Salah satu bentuk kesuksesan Tim Buser Kepolisian Resor Manggarai melalui Deni Lelang, kami dipuaskan oleh pelayanannya.

Salah satu kerja tim buser adalah bisa mendapatkan alamat yang dicari dan langsung dipetakan via google. Ini sangat bagus, lacak pelaku dengan mudah. Saya pikir semua bisa melakukannya, namun ternyata hanya orang-orang tertentu yang memiliki keterampilan seperti ini. Inilah profesionalisme kepolisian dalam era digital.

BACA JUGA:

Ternyata, kita tidak perlu cemas dalam kasus serupa atau kasus pencurian, sangat mudah bagi polisi melacaknya. Ini salah satu poin yang perlu dipahami oleh masyarakat, jangan takut melaporkan kasus ke polisi, kita sangat terbantu oleh mereka tanpa harus mengeluarkan biaya. Cukup kita membantu Polisi dengan memberikan keterangan yang sejujur-jujurnya.

Kasus saya hari ini adalah kasus kelalaian bukan kasus pencurian, namun Polisi tetap membantu saya melacak Hp saya dan ternyata ditemukan oleh orang Jujur. Apalagi bila kasus pencurian pasti Polisi sangat rapih dan tepat serta benar-benar serius membantu kita sebagai masyarakat seperti tertulis dalam pasal 13 Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian. Viva POLRI, salam hormat kami.

Sebuah peristiwa, memberikan makna

Hari ini Kamis, Pebruari 2024 saya mengalami peristiwa yang membuat saya cukup kalang kabut. Bagaimana tidak, sebuah Hp pribadi saya hilang. Jatuh dari saku baju ketika membuka pintu mobil, namun tidak terasa. Setelah keluar dari Kantor Pegadaian Ruteng di Nekang, saya lihat HP tidak ada di mobil. Saya memang merasakan HP saya ada di mobil karena selama saya dalam antrian di Kantor Pegadaian tidak memegang HP tetapi hanya membaca berbagai brosur yang dipromosikan oleh Kantor Pegadaian.

Ketika HP tidak ada di mobil, saya masih belum cemas, mungkin HP saya masih ada di kantor karena tadinya di kantor saya sempat isi daya (charging) di meja kerja saya di perpustakaan. Namun, ketika saya sudah sampai di meja kerja, ternyata HP tidak ada, lalu saya balik ke Pegadaian lagi menanyakan secara detil tentang peristiwa kehilangan ini, aduh ternyata tidak ditemukan juga.

Lalu saya meminta teman kantor untuk kontak ke nomor saya, awalnya masuk namun direject. Ouh, langsung cemas, HP-ku sudah diangkat oleh orang yang belum dikenal.

Lalu, lanjut berpikir, saya harus blokir nomor biar tidak ada kontak dengan nomor saya karena memiliki nomor orang-orang penting di dalamnya mulai dari pimpinan, teman kerja, lembaga surveyor, sampai semua keluarga. Dalam HP ini ada email penting menyimpan semua data termasuk data kepegawaian saya. Inilah yang membuat saya bergegas menuju grapare. Namun, karena takut HP ini tidak bisa dilacak keberadaannya, saya batalkan untuk blokir nomor.

Setelah itu, saya menuju kantor kepolisian melaporkan kehilangan HP ini di ruang pengaduan, namun saya diberi makna melalui penjelasan Polisi di ruang penerima laporan bahwa ini kelalaian bukan kasus pencurian jadi tidak perlu lapor ke sini. Aduh. Pikir-ku semakin pasti untuk mengabaikan HP, yang penting saya harus blokir saja nomor.

Namun, Polisi mengarahkan saya ke ruang Buser di dalam kantor. Saya diberi nomor kontak Kanit, diberikan penjelasan oleh Polisi tim Buser bahwa ini kasus kelalaian bukan kasus pencurian, jadi bapak kontak sendiri ke nomor Kanit yang pakar mendeteksi HP melalui nomor imey dalam kotak pembeliannya.

Karena saking sungkannya saya kontak Kanit, maka saya singgah di ruang kerjannya Anton Habun, kebetulan teman kerja di P2TP2A waktu saya bertugas sebagai Kabid Kesetaraan Gender dan Perlindungan Hak Perempuan di DP2KBP3A.

eSaya disapa beliau dengan sangat ramah, lalu saya menceritrakan kasus ini. Ia langsung foto kotak HP saya yang hilang dan kontak Pa Deni Lelang, tim buser profesional dari kepolisian Resor Manggarai di Ruteng. Polisi Deni langsung kontak istri saya dengan mengirimi dia peta posisi HP saya berada. Nah, di sini, kami mendapat titik terang.

Istri saya membuat status histori tentang HP yang hilang ini, “mohon bantuan, barang siapa yang menemukan HP ini kami sekeluarga akan memberikan imbalan jasa yang setimpal dengan perbuatan baiknya”.

Tidak lama kemudian, istri saya ditelpon oleh nomor HP saya dan yang berbicara adalah suara seorang dari Jawa. Ia menyampaikan dengan jujur bahwa dialah yang menemukan HP itu di depan Kantor Pegadaian. Puji Tuhan, sahut istri saya, lalu kami kontak pa Polisi Deni Lelang untuk sama-sama bertemu di tempat itu. Orang Jawa ini seorang yang sangat jujur, pekerjaannya giling daging sapi di arah timur perempatan menuju Kantor DPRD Ruteng.

Lalu tibalah kami dengan Polisi di tempat itu dan HP itu diberikan kepada oleh orang Jawa itu. Sebelumnya, dia menelpon pihak yang menyaksikan dia mengangkat HP itu dari tempatnya, hanya untuk menyatakan bahwa HP yang dia temukan tadi sudah diberikan kepada pemiliknya. Kemudian polisi menerima HP itu dan menyerahkan kepada saya.

Kita harus foto sebagai bukti ini kerja profesional tim Buser kepolisian, sangat kagum. Terimakasih pak Polisi. Terimakasih khusus kami sampaikan kepada Pak Deni Lelang, luar biasa pengabdianmu bapak polisi. Semoga selalu sukses dan penuh berkat, terimakasih kepada Pak Antonius Habun, bapak Polisi yang sangat ramah dan penuh kasih yang telah memberikan saya bantuan dengan mengirimi Pa Deni foto Box HP saya yang hilang sehingga mudah sekali mencarinya, terimakasih kepada ade Manto yang telah merespon status istri saya tentang hilang HP lalu mengarahkan kami untuk minta bantuan pada Pak Deni untuk melacak HP ini.

Terimakasih sebesar-besarnya saya sampaikan buat pak Azashri yang telah menemukan HP kami dan dikembalikan dengan baik tanpa menerima imbalan sedikit pun, bahkan sampai ucapan terimakasih pun ditolak dengan ucapan ga usah terimakasih pak, inikan kewajiban kita sebagai manusia. Luar biasa, semoga bapak diberkati Tuhan dalam usaha dan cita-citanya.

Peristiwa hari ini sungguh memberikan makna bahwa alam ini selalu menjaga keseimbangan melalui komunikasi. Kecemasan, ketakutan, hambatan dan apapun itu semuanya harus diselesaikan dengan komunikasi. Namun, komunikasi harus memiliki sebuah strategi untuk bisa memberikan kekuatan, arah dan metode penyelesaiannya. Tuhan telah dan selalu bekerja melalui sesama dan teknologi yang dimiliki Polisi atau yang telah dikembangkan oleh manusia. Syukur kepada Tuhan atas rahmat ini.

Ketika hilang harus berpikir logis dan terarah

HP adalah seperangkat media yang memuat banyak hal penting dan sangat penting. Tidak ada yang tidak penting dalam HP, karena itu ketika HP hilang pasti pemiliknya kalang kabut. Di dalam HP menyimpan banyak data yang bisa dipakai oleh banyak pihak yang tidak bertanggung jawab jika HP itu berada pada bukan pemiliknya.

Nomor kontak semua tersimpan dalam HP, data-data gambar, word, Pdf, Exel, video semuanya ada dalam Hp maka jika hilang pasti kalang kabut. Walau pun nomor bisa diganti namun ada sebagian data tersimpan dalam memori internal. Cukup berbahaya jika data itu didapat oleh pihak yang mau menjatuhkan kita. Misalnya foto sertifikat tanah yang tersimpan secara Pdf dalam memori internal, orang bisa memanfaatkannya untuk merugikan kita dan menguntungkan dirinya. Atau data lain, misalnya data pekerjaan sebagai aparatur sipil negara, dari HP bisa membocorkan rahasia pekerjaan kantor jika data itu tersimpan dalam memori internal lalu orang menemukannya.

Pada Handphone ada nomor IMEI. Nomor ini selalu ada pada kotak atau box HP ketika kita membelinya. IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap HP yang legal selalu memiliki nomor IMEI. Nomor IMEI merupakan identitas sah secara internasional, jumlah angkanya terdiri dari 15 digit yang tersedia pada alat telekomunikasi, seperti HP. Setiap HP berbeda nomor IMEI-nya. Dengan menggunakan nomor IMEI pada HP kita bisa menggunakan layanan seluler untuk mengetahui semua data yang termasuk di dalamnya adalah jaringan perangkat, garansi, dan juga informasi operator.

Karena itu, ketika hilang HP jangan kalang kabut. HP barang elektronik seluler yang mudah dilacak. Kita tidak boleh bingung mencarinya, cukup kita bawa kotak bungkus saat kita beli lalu kita bawa ke Polisi tim buser untuk difoto. Jika kasus pencurian maka kita lapor di ruang depan namun jika kasus kelalaian seperti kasus saya hari ini, segera minta tolong pak Polisi untuk membawa kita ke tim Buser, nanti Tim Buser akan membantu kita melacaknya.

Akhirnya, VIVA POLRI, VIVA POLRES MANGGARAI, kami bangga karena kami puas, terimakasih buat Pak Deni Lelang yang telah membantu kami mendapatkan HP bersama Pak Anton Habun yang telah memberi jalan bersama tim Buser, semoga jasa bapak semua dilimpahi berkat yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Pengertian dan sejarah Handphone

Handphone merupakan alat komunikasi seluler yang sangat praktis karena bersifat portable, ringan dan memuat jutaan data. Bukan sekedar alat untuk telpon dan Whatstapp tetapi juga alat mengontrol semua pekerjaan, keluarga dan sahabat. Lebih dari itu handphone memiliki fiture word, exel, pdf dan berbagai aplikasi belajar dan pekerjaan.

Berbeda dengan telepon tetap yang bersifat nirkabel, kita tidak bisa menyimpan data dan tidak bisa memikulnya kemana-mana. Itulah sebabnya banyak orang harus menyesal jika tidak memiliki HP. Alat komunikasi yang sakti ini ditemukan pertama kali tahun 1973 oleh Martin Cooper pada tim Motorola.

Awalnya mereka kesulitan memasukan berbagai bahan ke dalam wadah kecil untuk menghasilkan telepon genggam sehingga hasil produk mereka pertama agak berat yaitu HP dengan berat 2 kg. Namun kemudian temuan ini semakin sempurna dan hasilnya HP yang sangat kecil.

Tokoh lain yang menyempurnakan temuan Cooper adalah Amos Joel yang lahir 1918 dan menemukan sistem kerja sel dalam HP tahun 1983. Sistem sel yang dimaksudkan adalah awalnya HP ini memiliki wilayah sel ke wilayah sel yang lainnya. Inilah cikal bakal awalnya zona dalam nomor HP. Terimakasih kepada kedua tokoh ini, kamu adalah terang Tuhan yang lahir ke dunia. (Konstantinus Hati, seorang ASN di Ruteng, Manggarai)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *