KONI DIY Apresiasi Digelarnya Kejurda Catur

beritabernas.com – KONI DIY mengapresiasi terselenggaranya Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur DIY di Aula KPPD Samsat Bantul, Kamis 3 Oktober 2024. Sebab, dari kegiatan tahunan ini diharapkan akan muncul bibit-bibit baru yang akan membawa nama harum DIY.

Hal itu disampaikan KONI DIY Drs Sigit Sapto Rahardjo MM ketika membuka Kejurda Catur DIY pada Kamis 3 Oktober 2024.

“KONI merasa bangga atas raihan medali emas dari cabor catur pada PON XXI di Hotel Mikie Holiday, Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karos Sumatera Utara, pada 10-19 September 2024 lalu. Apalagi yang berhasil meraih medali adalah anak yunior, bukan mereka yang senior,” tandas Sigit.

Sigit meminta kepada Pengda agar memproteksi pecatur potensial agar jangan sampai mutasi karena alasan tertentu.

Pecatur Bantul Roid Aytakaatsu MN saat berhadapan dengan pecatur Kulonprogo Cahyo Kusnindyo dalam Kejurda Catur DIY, Kamis 3 Oktober 2024. Foto: Dok panitia

Ketua Pengda Percasi DIY Drs Bambang Wisnu Handoyo mengatakan bahwa Kejurda merupakan kelanjutan dari kejurkab/kota. Maka dengan semboyan Gens Una Sumus mestinya insan catur termasuk pengurus mesti menjadikannya sebagai acuan langkahnya dalam membina dan mengembangkan catur.

“Yang perlu kita lakukan adalah berupaya agar atlet bisa ikut dalam berbagai even. Dengan demikian atlet jangan sampai dirugikan oleh idealisme pengurus,” tegas Bambang Wisnu.

BACA JUGA:

Sementara Ketua Panitia Kejurda Drs Sutanto menjelaskan, Kejurda kali ini diikuti 228 pecatur (yunior 189 dan 39 senior) berlangsung Kamis sampai dengan Minggu, 3-6 Oktober 2024. Kategori yang dipertandingkan adalah Senior Putra, Senior Putri dan kelompok yunior A, B, C, D, E, F, G baik putra maupun putri.

 Setelah acara pembukaan langsung dimainkan 2 babak untuk Senior Putra dan Putri. Sampai berakhirnya babak ke-2, untuk senior putra yang berada di posisi 1-2 Riswantara dan Roid Attakaatsur MN, keduanya dari Bantul dengan poin penuh 2, disusul poin 1,5 ada empat pemain, RY Harto MN (Kota), Andhita Wicaksono Nugroho (Bantul), Ngadino MN (Kota), Taufiq Bagas Saputra (Gunungkidul).

Sedangkan di senior putri 3 pemain memimpin bersama dengan poin 2, Eva Ainun Nisa (Gungkidul), Evi Ainul Janah (Gunungkidul), Jessica Angelia (Kota). (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *