Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY Adakan Perayaan Natal

beritabernas.com – Gerakan Pramuka DIY mengadakan perayaan Natal di Aula Kaca Kwartir Daerah, pada Kamis 28 Desember 2023. Perayaan Natal dihadiri oleh perwakilan dari kwartir cabang Gunung Kidul, Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta dan Sleman serta jajaran Pengurus dan Pimpinan Kwartir Daerah, Andalan, Pelatih dan peserta didik. 

Perayaan Natal diawali dengan penyalaan lilin oleh Suraji Widarta selalu Waka Binawasa, Rm Azizmardopo S SJ dan Pdt Kristiana Riyadi S.IP STh.

Dalam pesan Natal Kwatir Daerah Gerakan Pramuka DIY Rm Azizmardopo S SJ mengatakan bahwa dalam Natal Allah tetap merengkuh orang-orang yang berbuat sesuatu yang tidak berkenan kepada Allah. Allah yang dimuliakan sehingga ada kedamaian dan kesejahteraan di bumi bagi orang-orang.

Penampilan tarian dari siswi SMP Steladuce 1. Foto: Agung BP

Ini belum terjadi karena masih diusahakan. Kita belum sepenuhnya memuliakan Allah. Ibadat yang sudah dilakukan mungkin ibadat ritual karena hanya dipandang sebuah kewajiban saja. Seharusnya ibadah ritual dibarengi juga dengan ibadah sosial yaitu kegiatan di masyarakat sebagai ibadat kita dengan mewujudkan ibadat ritual dalam ibadat sosial dalam kehidupan sehari-hari. 

Dikatakan, mencari dan berjumpa dengan Allah dimana manusia beraktivitas, sehingga kita ditumbuhkan secara konkrit saat berjumpa dengan sesama dalam kondisi apapun. “Kita adalah citra Allah, Natal adalah peristiwa perjumpaan dengan Allah dalam kesederhanaan untuk hadir menyapa manusia,” kata Romo Azizmardopo S SJ dalam pesan Natal. 

Penyalaan lilin oleh Suraji Widarta, S.Pd, Rm. Azizmardopo S.SJ, Pdt.Kristiana Riyadi S.IP, S.Th. Foto: Agung BP

Perayaan Natal ini juga dimeriahkan oleh tarian dari peserta didik SMP Steladuce 1, tembang mocopat oleh Mocopat Kamtiyana dan Tri Iriani serta C Adelia Tiarapitaloka Kelas 5  SDN Kentungan mempersembahkan lagu Seribu lilin.

Suraji Widarta SPd mewakili Ka.Kwarda DIY menyampaikan bahwa perayaan Natal ini merupakan salah satu wujud ketaqwaan sesuai dengan kode Kehormatan Gerakan Pramuka. Dengan adanya kegiatan yang menumbuhkan keimanan maka akan bertumbuh juga Gerakan Pramuka dalam melaksanakan segala macam kegiatan yang lainnya.

BACA JUGA:

Mewakili Kwarda DIY, ia mengucapkan selamat Natal 2023 dan menyongsong Tahun Baru 2024, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dan dikemas lebih baik di masa yang akan datang atau bisa dilaksanakan di Kwartir Cabang secara bergiliran. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *