Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBY Gelar Pengabdian Masyarakat di Komunitas Sekolah Marjinal

beritabernas.com – Sejumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unversitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Komunitas Sekolah Marjinal (KSM) pada 20 Juni 2024.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan mahasiswa UMBY merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat dan difokuskan pada edukasi komunikasi belajar melalui media Youtube dan kesehatan untuk anak-anak sebagai upaya pencegahan penyakit menular di lingkungan komunitas.

Program pemberdayaan masyarakat dengan tema Pendampingan Komunikasi Belajar dengan Media Youtube dan Animasi edukasi Kesehatan yang dilaksanakan di sekolah Marjinal, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan tangan.

“Kami ingin anak-anak memahami pentingnya menjaga kebersihan tangan dalam mencegah berbagai penyakit. Seperti kita ketahui anak-anak komunitas memiliki latar belakang yang kurang mampu. Dengan edukasi ini, kami berharap mereka bisa menerapkan kebiasaan baik ini dalam kehidupan sehari hari,” ujar Elisabeth Eumaria, Ketua Pelaksana Kegiatan, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Rabu 4 Juli 2024.

Elisabeth Eumaria, Ketua Pelaksana (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Hanum. Foto: Istimewa

Selain edukasi para mahasiswa juga memberikan demonstrasi cara mencuci tangan dengan benar. Mereka juga membagikan beberapa perlengkapan mencuci tangan kepada komunitas Sekolah Marjinal. Anak-anak diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai permainan edukasi yang di rancang.

“Anak-anak sangat antusias dan aktif dalam setiap sesi yang kami adakan. Kami juga melihat mereka mulai menerapkan apa yang telah diajarkan. Ini adalah langkah awal yang baik untuk membangun kebiasaan positif,” tambah Eunike Imanuela, salah satu anggota tim.

Program ini mendapatkan apresiasi dari pihak komunitas. Hanum selaku koordinator dari pihak komunitas mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa atas inisiatif dan kepedulian mereka terhadap kesehatan anak-anak disekolah tersebut.

BACA JUGA:

”Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan usaha yang telah dilakukan oleh para mahasiswa. Edukasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami,” ucap Hanum.

Dengan adanya program ini, diharapkan tidak hanya anak-anak yang mendapatkan manfaatnya, tetapi juga mendorong kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Para mahasiswa berharap dapat terus melanjutkan program pemberdayaan masyarakat ini dengan topik edukasi lainnya di masa depan, guna memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi anak-anak di komunitas sekolah Marjinal. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *