Maju Menjadi Caleg PDI Perjuangan, Yayuk Basuki Perlu Menjaga Keistimewaan Yogyakarta

beritabernas.com – Mantan petenis profesional putri Indonesia asal Yogyakarta Yayuk Basuki kembali terjun ke dunia politik dengan menjadi Caleg DPR RI dari PDIY Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) DIY pada Pemilu 2024 ini. Sebelumnya, pada periode 2014-2019, Yayuk Basuki menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah.

BACA JUGA:

Meski tidak kenal secara pribadi dengan Yayuk Basuki, namun mantan Kepala SMA BOPKRI I (BOSA) Yogyakarta Drs Andar Rujito MH mengaku tahu nama Yayuk Basuki sebagai mantan atlet tenis terkenal Indonesia yang pernah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Bahkan Yayuk Basuki pernah menempati rangking 19 dunia, satu prestasi yang belum pernah diraih petenis Indonesia lainnya.

Menurut Andar Rujito, kalau sekarang Yayuk Basuki maju menjadi calon Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan tentu harus disambut gembira. Sebab, ada kesadaran untuk mau mengambil bagian dalam membaktikan diri kepada negara melalui bidang politik/ wakil rakyat.

Drs Andar Rujito MH. Foto: Istimewa

“Mudah-mudahan Yayuk Basuki jadi (Anggota DPR RI, red) untuk bisa menjaga eksistensi Indonesia yang berideologi Pancasila dengan dasar UUD 45 dan sesantinya Bhinneka Tunggal Ika serta NKRI harga mati. Harus berani melawan intoleransi dan paham radikalis yang tidak sesuai ideologi negara,” kata Andar Rujito ketika dihubungi beritabernas.com, Senin 29 Januari 2024 malam.

Selain itu, menurut Andar Rujito, ketika terpilih menjadi Anggota DPR RI, Yayuk Basuki harus mampu mengubah mind set perpolitikan Indonesia agar politikus selalu mendasarkan pada etika, moral dan norma yang mengabdi pada kepentingan rakyat yang majemuk ini secara adil dan konsiten.

Yayuk Basuki (kedua dari kiri) bersama Direktur BPR Restu Artha Yyakarta Theresi Verawati kiri). Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

“Saya juga berharap beliau dapat menjaga Keistimewaan Yogyakarta di kancah nasional,” kata mantan Kepala SMA BOPKRI I Yogyakarta ini. 

Yang tidak kalah penting, menurut Andar Rujito, adalah menyadari betul bahwa wakil rakyat itu harus mengabdi kepada rakyat, bukan kalau jadi terus melupakan janji-janjinya. Harus selalu dekat, mendengar dan memberikan seluruh hidupnya untuk kesejahteraan rakyat.

Sementara sebagai seorang olahragawan, Yayuk Basuki harus memikirkan dan berjuang bagaimana olahraga di Indonesia bisa maju dan penuh prestasi yang mendunia. “Mentalitas sportivitas, disiplin dan penuh tanggung jawab harus menjadi budaya Indonesia,” kata Andar Rujito. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *