Megawati Soekarnoputri Meresmikan Patung Bung Karno di Omah Petroek

beritabernas.com – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno karya pematung nasional Dunadi di Omah Petroek di Karang Klethak, Sleman, DIY, Rabu 23 Agustus 2023. Patung setinggi 6 meter itu berdiri tegak di tengah kompleks Omah Petroek yang juga disebut Omah Pancasila yang sejuk di bawah pepohonan yang rindang.

Megawati Soekarnoputri yang didampingi Ganjar Pranowo, Capres 2024 dan Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristyanto disambut meriah oleh para seniman, budayawan, ilmuwan, agamawan serta tamu undangan yang memenuhi kompleks Omah Petroek yang sangat luas itu.

Di antara budayawan/ ilmuwan yang hadir adalah Moh Sobary, seniman Butet Kertaredjasa, Romo Beny Susetyo, tokoh masyarakat GBPH Prabukusumo dan ratusan seniman, budayawan dan tokoh masyarakat lainnya.

Patung Bung Karno di Omah Petroek diresmikan oleh Megawti Soekarnoputri. Foto: Philpus Jehamun/beritabernas.com

Romo Sindhunata selaku tuan rumah berterima kasih kepada Bu Mega yang berkenan hadir untuk meresmikan patung sang Proklamator Bung Karno. Sebab, sebelumnya mereka Bu Mega bisa hadir karena kesibukannya yang.

Menurut Romo Sindu kehadiran Bu Mega untuk meresmikan patung Bung Karno memiliki makna yang sangat penting mengingat Bu Mega merupakan anak biologis dan biologis Bung Karno. Sementara keberadaan patung Bung Karno di Omah Petroek memiliki makna yang mendalam karena Omah Petroek selain sebagai rumah Pancasila juga sebagai tempat persemaian benih-benih toleransi.

BACA JUGA:

Sementara seniman Dunadi mengaku senang dan bangga bisa membuat patung Bung Karno. Ia mengaku sangat kagum dengan sosok Bung Karno.

“Ini sangat luar biasa. Sebenarnya sangat terkesan dengan Oemah Petruk dan Romo Sindhu yang sangat terbuka dengan menerima semua seniman, sangat toleran. Selain itu, saya lihat ada patung tokoh-tokoh lain seperti patung Gus Dur. Saya terinspirasi dengan itu dan ingin membuat patung Bung Karno, apalagi Bung Karno merupakan tokoh yang luar biasa. Tanpa beliau mungkin Indonesia masih kocar kacir,” kata Dunadi mengenai alasannya membuat patung tersebut.

Para penari memeriahkan acara peresmian Patung Bung Karno di Omah Petroek. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Romo Sindhu pun berterima kasih kepada seniman Dunadi yang menyumbangkan patung Bung Karno setinggi 6 meter ke Oemah Petruk. “Saya sangat berterima kasih kepada Pak Dunadi yang menyumbangkan patung Bung Karno ke Oemah Petruk. Ini sangat surprise bagi saya,” kata Romo Sindhu.

Menurut Romo Sindhu, penempatan patung Bung Karno di Oemah Petruk yang juga merupakan Museum Majalah Basis, majalah kebudayaan yang sudah berusia puluhan tahun, sangat tepat karena di sana juga ada patung sejumlah pemikir dan budayawan seperti Driyarkara, Dick Hartoko dan sebagainya, seperti Bung Karno yang juga pemikir/ penggali Pancasila. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *