Totok Hedi dan Romo Sindhu Pantau Kesiapan Patung Soekarno untuk Rumah Pancasila

beritabernas.com – Budayawan yang juga politikus PDI Perjuangan GM Totok Hedi Santosa yang akrab disapa Tohed bersama Romo Sindhunata mendatangi Studio Satiaji Sculpture & Art Work milik seniman pematung Dunadi di kawasan Omah Petroek di Karang Klethak, Sleman, DIY.

GM Totok Hedi Santosa yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan ini memantau kesiapan patung presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno atau Bung Karno yang akan diletakkan di Rumah Pancasila atau Oemah Petruk di Karang Klethak, Sleman, DIY.

Tohed (tengah), Romo Sindhu (kanan) dan Dunadi (kiri). Foto: screenshot YouTube

Menurut GM Totok Hedi Santosa alias Tohed, patung ini akan diterima dan diresmikan langsung oleh putri Bung Karno, yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada 23 Agustus 2023.

Dalam obrolan bersama Romo Sindhunata danTotok Hedi Santosa, seniman Dunadi mengaku senang dan bangga bisa membuat patung Bung Karno. Ia mengaku sangat kagum dengan sosok Bung Karno.

“Ini sangat luar biasa. Sebenarnya sangat terkesan dengan Oemah Petruk dan Romo Sindhu yang sangat terbuka dengan menerima semua seniman, sangat toleran. Selain itu, saya lihat ada patung tokoh-tokoh lain seperti patung Gus Dur. Saya terinspirasi dengan itu dan ingin membuat patung Bung Karno, apalagi Bung Karno merupakan tokoh yang luar biasa. Tanpa beliau mungkin Indonesia masih kocar kacir,” kata Dunadi mengenai alasannya membuat patung tersebut.

BACA JUGA:

Romo Sindhu pun berterima kasih kepada seniman Dunadi yang menyumbangkan patung Bung Karno setinggi 6 meter ke Oemah Petruk. “Saya sangat berterima kasih kepada Pak Dunadi yang menyumbangkan patung Bung Karno ke Oemah Petruk. Ini sangat surprise bagi saya,” kata Romo Sindhu.

Tohed (tengah), Romo Sindhu (kanan) dan Dunadi. Foto: screenshot YouTube

Menurut Romo Sindhu, penempatan patung Bung Karno di Oemah Petruk yang juga merupakan Museum Majalah Basis, majalah kebudayaan yang sudah berusia puluhan tahun, sangat tepat karena di sana juga ada patung sejumlah pemikir dan budayawan seperti Driyarkara, Dick Hartoko dan sebagainya, seperti Bung Karno yang juga pemikir/penggali Pancasila. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *