Mengenang Jasa Membesarkan PNI, Fokki Ziarah ke Makam Mantan Ketua Umum PNI

beritabernas.com – Untuk mengenang jasa Sidiq Djoyosoekarto, Ketua Umum PNI periode 1950-1955, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP, Anggota DPRD Kota Yogyakarta, berziarah ke makam almarhum Sidiq Djoyosoekarto di Blitar, Jawa Timur, pada 20 Mei 2023 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Selain melakukan perjalanan spiritual ke Makam Ketua Umum V PNI Sidiq Djoyosoekarto, Fokki juga berziarah ke Bapak Marhaenisme Bung Karno, juga di Blitar.

“Sebagai orang Jawa, mendoakan bapak ideologis yang telah meninggal dunia sebelum berlaga dalam pemilu 2024 adalah suatu gerakan spiritual. Hal ini untuk semakin meneguhkan keyakinan bahwa perjuangan ini diabdikan untuk kepentingan rakyat marhaen dan semata-mata untuk bangsa dan negara,” kata Fokki kepada beritabernas.com, Minggu 21 Mei 2023.

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP, Anggota DPRD Kota Yogyakarta, berziarah ke makam almarhum Sidiq Djoyosoekarto di Blitar, Jawa Timur, pada 20 Mei 2023. Foto: Istimewaa

Menurut Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakartaa ini, almarhum Sidiq Djoyosoekarto membesarkan dan membawa PNI menang dalam Pemilu 1955. PNI merupakan unsur utama dari fusi PDI yang sekarang menjadi PDI Perjuangan.

Di samping itu, ziarah dilakukan untuk menghayati dan berusaha menerapkan apa yang telah dilakukan Sidiq Djoyosoekarto dalam membesarkan PNI yaitu selalu bersama rakyat, bukan bersama elit-elit yang ada di Jakarta.

“Sebagai Ketum Partai gerakan Sidiq pada waktu itu dianggap tidak lazim karena seharusnya Ketum Partai tinggal di Jakarta tetapi Sidiq tinggal bersama di rumah kader-kader partai berkeliling ke berbagai daerah untuk membesarkan partai dan terbukti di Pemilu tahun 1955, PNI menang,” kata Fokki.

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP, Anggota DPRD Kota Yogyakarta bersama rombongan berziarah ke makam almarhum Sidiq Djoyosoekarto di Blitar, Jawa Timur, pada 20 Mei 2023. Foto: Istimewa

Dikatakan, api perjuangan bersama rakyat, rakyat sebagai cakrawati inilah yang dijadikan inspirasi baginya dalam berpolitik sehingga menyempatkan diri melakukan pergerakan ziarah spiritual di Makam Sidiq Djoyosoekarto Ketum V PNI itu.

Fokki sendiri kembali maju dalam Pemilu 2024 sebagai calon Anggota DPRD Kota Yogyakarta Dapil V yakni Kecamatan Umbulharjo dan Kotagede. Karena itu, pada 20 Mei 2023 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional melakukan perjalanan spiritual ke Makam Bung Karno dan Ketua Umum V PNI Sidiq Djoyosoekarto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *