Menteri Investasi BKPM Bahlil Lahadalia: UU Cipta Kerja Memberi Kemudahan dalam Usaha

beritabernas.com – Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa UU Cipta Kerja memberi banyak kemudahan bagi UMKM. Sebagai contoh, sekarang ini banyak program pemerintah yang sudah diberikan kepada UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa agunan antara Rp 25 juta sampai Rp 50 juta.

Selain itu, menurut Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, pemerintah sudah membuat Undang-undang Cipta Kerja yang antara lain memberikan ruang bagi izin-izin untuk UMKM gratis.

“Itu betul, klaster itu saya yang pimpin. Saya yang memperjuangkan itu. Kalau dulu orang kalau mau berjualan harus punya mall. Tapi sekarang kalau mau jualan nggak perlu di mall, cukup pakai aplikasi. Ini ini memudahkan kita semua. Makanya kita harus mendorong regulasi yang berpihak kepada pengusaha-pengusaha daerah untuk menjadi tuan di negerinya sendiri,” kata Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam kuliah umum di Universitas Jambi, Rabu 7 September 2022.

Menurut Menteri Bahlil yang dikutip beritabernas.com di akun instagramnya, sekarang ini banyak program pemerintah yang memberi kemudahan bagi UMKM. Selain kemudahan dalam mendapatkan izin usaha juga ada KUR yang tanpa agunan.

https://www.instagram.com/bahlillahadalia/

Menanggapi pernyataan Menteri Bahlil yang menyebut KUR untuk UMKM Rp 25 juta-Rp 50 juta tanpa agunan, sejumlah warganet membantahnya. Karena jangankan pinjam Rp 25 juta-Rp 50 juta, pinjam Rp 1 juta saja tetap pakai agunan/jaminan.

“Pak pak minjem satu juta aja pake agunan kok apalagi 20 juta ke atas harus surat rumah atau surat tanah(SHM) agunan,” kata Charles Situmorang di akun instagram @charles.situmorang.393 mengomentari pernyataan Menteri Bahlil dalam akun instagramnya.

“Siapa bilang KUR ngak diminta agunan sama BANK. Pak menteri banyak cakap aja… Cek itu ke Bank2 BRI di kecamatan, desa. Bisa ngak masyarakat dapat KUR tanpa agunan? Banyak cakap aja,” komentar Benardo Sinambela di akun instagram @benardosinambela.

Pada kesempatan itu, Menteri Bahlil berterima kasih kepada Universitas Jambi yang memberi kesempatan kepadanya untuk memberikan kuliah umum.

“Alhamdulillah, hari ini saya bisa bersilaturahmi dengan civitas akademika Universitas Jambi untuk memberikan kuliah umum. Terima kasih teman-teman mahasiswa atas diskusinya, semoga dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan untuk berani memulai menjadi pengusaha muda,” kata Menteri Bahlil. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *