Meski Berkelok-kelok dan Naik Turun, Akses Jalan Balikpapan-IKN Nusantara Mulus

beritabernas.com – Tepat pukul 08.00 pagi Wita, Sabtu 27 Mei 2023, 4 unit mobil minibus yang mengangkut rombongan wartawan dari DIY dan pejabat/ karyawan OJK DIY bergerak pelan keluar dari area parkir Hotel Novotel Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Rombongan wartawan dari DIY dan pejabat/ karyawan OJK DIY yang dipimpin langsung oleh Kepala OJK DIY Parjiman itu hendak menuju IKN Nusantara yang berada di dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Samboja/Semoa dan Kecamatan Sepaku, keduanya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Rombongan wartawan dan pejabat/ karyawan OJK DIY, Sabtu 27 Mei 2023. Foto: OJK DIY

Dari Balikpapan, rombongan melewati jalan arteri yang berkelok-kelok dan naik turun sebelum masuk ke jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dan Samarinda. Perjalanan begitu menyenangkan karena melihat pemandangan yang indah di kiri kanan jalan dengan hutan aneka jenis tanaman termasuk pohon kelapa sawit.

BACA JUGA:

Perjalanan semakin menyenangkan saat melewati jalan tol. Meski permukaan jalan kurang begitu mulus karena terbuat dari cor beton bukan aspal sehingga sedikit kurang nyaman, namun tidak mengurangi rasa ingin tahu para wartawan tentang lokasi dan perkembangan terkini proses pembangunan IKN Nusantara.

Hanya beberapa ratus meter keluar dari pintu tol Balikpapan-Samarinda, konvoi 4 mobil rombongan sampai ke jalan provinsi dengan konstruksi cor beton mulai dari Bukit Soeharto hingga lokasi IKN Nusantara.

Sebuah mobil melintas di jalan Balikpapan-IKN Nusantara. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Meski perjalanan memakan waktu 3 jam lebih namun tidak terasama lama karena rombongan disuguhi pemandangan indah dengan hutan lebat di kiri kanan sepanjang jalan. Jalan berkelok dan naik turun terasa semakin asyik dengan celotehan sejumlah wartawan yang menghibur.

Menurut Ibnu, driver yang membawa mobil minibus yang ditumpangi beritaberns.com, jalan tersebut sebelumnya jelek dan rusak parah. Namun, sejak IKN Nusantara mulai dibangun, jalan provinsi itu diperbaiki dengan konstruksi cor beton sehingga kini halus dan mulus. Arus laalu-lintas dari Balikpapan ke IKN Nusantara pun kini ramai dan lancar.

Sejumlah kendaraan melintas di jalan Balikpapan-IKN Nusantara, Sabtu 27 Mei 2023. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

“Keberadaan IKN Nusantara di Penajam Paser Utara membuat daerah ini semakin hidup. Sentra-sentra ekonomi mulai tumbuh dan ramai karena banyak orang yang datang ke IKN Nusantara,” kata Ibnu.

Menurut Ibnu, IKN Nusantara benar-benar membawa berkah bagi Kalimantan, terutama Kalimantan Timur, karena dengan keberadaan IKN transportasi semakin lancar dan ekonomi mulai tumbuh pesat.

Menjadi 40 menit

Sementara Basuki Suwarno, Pejabat Pembuat Komitmen Tanggap Darurat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Kementrian PUPR, yang bertugas memberikan informasi lengkap dan akurat kepada siapa pun yang datang ke IKN Nusantara, mengatakan, pekerjaan IKN Nusantara dilakukan secara simultan, termasuk pembangunan insfrastruktur jalan tol Balikpapan-IKN Nusantara.

Menurut Basuki Suwarno, jalan tol Balikpapan-IKN Nusantara mulai dibangun dan bila jalan tol selesai maka waktu tempuh Balikpapan-IKN Nusantara hanya 40 menit, jauh lebih cepat dari sekarang yang memakan waktu sekitar 3 jam. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *