Parade Gunungan dan Gerobak Sapi Menandai Merti Desa Wedomartani 2023

beritabernas.com – Sebanyak 6 gunungan beragam model yang tersusun dari hasil bumi dan makanan tradisional diusung menaiki sejumlah gerobak sapi. Sementara belasan gerobak sapi yang lain dinaiki pejabat dan pamong desa serta beberapa kelompok masyarakat yang mengenakan pakaian tradisional Jawa. Untuk selanjutnya mengikuti prosesi menyusuri jalanan keliling desa setempat.

Hal ini yang terlihat di lapangan desa depan Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu 11 November 2023 pagi. Perhelatan tersebut sebagai penanda perayaan tahunan Merti Desa Wedomartani 2023.

BACA JUGA:

Arakan-arakan prosesi keliling desa diikuti komunitas beragam komunitas. Para peserta menaiki gerobak sapi, kereta kelinci dan motor roda tiga bagi penyandang disabilitas. Tak ketinggalan traktor sawah juga ikut dalam barisan parade mengelilingi jalan desa. Kirab yang menempuh jarak lebih kurang 4 kilometer, kian terlihat semarak dengan sambutan warga yang dilewati.

Sejumlah Gunungan tersusun dari beragam hasil bumi dan makanan tradisional khas Wedomartani diusung menuju pendopo kalurahan setempat dalam prosesi Merti Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (11/11/2023). Foto: AG Irawan/beritabernas.com

Berjarak lebih kurang 500 meter sebelum pendopo kalurahan, arak-arakan disambut  kelompok bergodo desa dan sejumlah komunitas seni serta barisan pelajar. Gunungan hasil bumi diturunkan dari gerobak dan diusung serta diarak berjalan kaki menuju pendopo untuk didoakan. Selanjutnya dibawa ke lapangan untuk diperebutkan oleh warga yang datang.

Ketua panitia Merti Desa Wedomartani 2023 Akhid Is Ta’in Mubarok,S.Pd, di sela acara mengatakan, agenda tahunan merti desa bertujuan mengangkat dan mengenalkan beragam potensi lokal yang ada di wilayahnya. “Rangkaian acara Merti Desa Wedomartani tahun 2023 berlangsung selama seminggu lebih. Berpusat di lapangan kalurahan. Kami mengajak dan melibatkan banyak komunitas yang ada di Wedomartani. Mulai dari kelompok seni, UMKM, kelompok tani, karang taruna, Destana, Linmas, komunitas musik, komunitas gerobak sapi dan penyandang disabilitas,” kata dia.

Sementara Ketua Desa Mandiri Budaya Wedomartani H.Mujiburokhman,S.Ag,MA mengatakan, Merti Desa Wedomartani tahun 2023 ini mengangkat tema Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe. “Sebuah ungkapan Jawa yang mengandung maksud sebuah ketulusan diperlukan dalam beragam aktivitas,” kata dia.

Setelah didoakan di pendopo kalurahan, 6 gunungan dibawa lapangan untuk diperebutkan oleh warga yang hadir dalam perayaan Merti Desa Wedomartani 2023, Sabtu (11/11/2023). Foto: AG Irawan/ beritabernas.com

Merti Desa Wedomartani 2023 dimeriahkan dengan beragam agenda budaya mulai dari festival dolanan anak, jemparingan, festival gamelan, sarasehan budaya, hadroh, kesenian badui, reog dan jatilan. Dimeriahkan juga dengan pentas musik keroncong, campursari, gejog lesung, festival gamelan, upacara mitoni hingga pertunjukanketoprak.

Perhelatan desa ini ditandai dengan kirab budaya dengan mengarak sejumlah gunungan hasil bumi dan aneka kekhasan dari 25 pedukuhan dan kring yang ada di wilayah Wedomartani.

Lurah Wedomartani H.Teguh Budiyanto mengapresiasi dukungan dan partisipasi masyarakat serta kelompok-kelompok budaya dalam perhelatan budaya tersebut. “Ini bagian dari usaha kita semua, sebagai warga desa dalam melestarikan budaya. Sehingga generasi kita sekarang dan yang akan datang dapat mengenal langsung budaya yang ada di wilayahnya,” pungkasnya. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *