Pertama Kali, Wedomartani Sukses Menggelar Festival Gamelan 2023

beritabernas.com – Untuk pertama kalinya Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY menggelar Festival Gamelan di pendopo kalurahan setempat, Rabu 8 November 2023.

Sebanyak 16 kelompok dan sanggar karawitan yang berada di wilayah Kalurahan Wedomartani secara bergantian tampil membawakan gending berirama Jawa. Dari siang hingga malam selepas magrib, alunan gending berbagai tembang bersyair Jawa mengalun dan menemani suasana seputaran pendopo kalurahan.

Mengajak anak-anak dan generasi muda dalam gelaran Festival Gamelan Wedomartani 2023, merupakan wujud nyata mengenalkan budaya warisan leluhur kepada generasi penerus, Rabu (8/11/2023). Foto: Istimewa

Koordinator acara Hastuti Setyaningrum mengatakan, perhelatan yang baru pertama kali ini digelar guna menampilkan potensi budaya khususnya seni karawitan yang berada di wilayah Wedomartani. “Ini festival gamelan pertama kali yang kami adakan. Meski kelompok dan sanggar karawitan sudah lama ada di Wedomartani. Dan ternyata semarak dan peserta cukup antusias,” ungkap Hastuti yang juga Ketua Sanggar Wijaya Kusuma Wedomartani.

BACA JUGA:

Hastuti mengaku festival gamelan ini juga sebagai wahana pengembangan literasi budaya di wilayahnya. Terlebih Wedomartani saat ini sudah menyandang Desa Mandiri Budaya. “Kami senang karena lintas usia ikut tampil baik sebagai penabuh maupun penyanyi (sinden) di festival ini. Tahun depan akan kita akan adakan lagi. Harapannya semakin banyak yang terlibat,” katanya.

Salah satu peserta dari Karang Taruna Parikesit Wachid mengapresiasi festival gamelan ini. “Kita di kalurahan ini kan punya perangkat gamelan. Jadi ya harus ditabuh. Hanya saja waktu tampil tiap komunitas terlalu singkat hanya sekitar 10 menit. Jadi ekspresinya masih kurang,” katanya 

Ketua Desa Mandiri Budaya Wedomartani H.Mujiburokhman,S.Ag,MA mengapresiasi penyelenggaraan festival gamelan ini. “Meski baru pertama tapi cukup semarak. Dan para peserta berusaha tampil dengan penampilan terbaik meski tidak memperebutkan kejuaraan,” kata dia.

Festival Gamelan di Kalurahan Wedomartani, Rabu, 8 November 2023. Foto: AG Irawan/beritabernas.com

Festival gamelan ini, lanjut Mujiburokhman, masuk dalam salah satu rangkaian acara Merti Desa Wedomartani 2023. “Merti Desa tahun 2023 ini kami mengangkat tema Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Gawe. Sebuah ungkapan Jawa yang mengandung maksud sebuah ketulusan diperlukan dalam beragam aktivitas,” terangnya.

Rangkaian Merti Desa Wedomartani 2023 sudah dimulai dari Sabtu (4/11) hingga Minggu (12/11). Dengan beragam agenda budaya mulai dari festival dolanan anak, jemparingan, festival gamelan, sarasehan budaya, hadroh, kesenian badui, reog dan jatilan. Dimeriahkan juga dengan pentas musik keroncong, campursari, gejog lesung, festival gamelan, upacara mitoni hingga pertunjukanketoprak. Puncaknya ditandai dengan kirab budaya dengan mengarak sejumlah gunungan hasil bumi dan aneka kekhasan dari 25 pedukuhan dan kring yang ada di wilayah Wedomartani. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *