Patrick Domal Catat Sejarah Membawa NTT Tampil di Popnas 2023 Sumsel Babel

beritabernas.com – Baru pertama kali dalam sejarah, Provinsi NTT bisa berlaga di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2023 di Sumatera Selatan Bangka Belitung (Sumsel Babel). Hal ini tak lepas dari dukungan Asprov NTT, doa masyarakat NTT dan juga tim pelatih dan manajemen yang solid dan kompak.

Pelatih kepala Adrianus Patrick Domal dan asistennya Ibnu Sanda mampu memberikan motivasi dan hasil yang maksimal. Sebelumnya mereka berdua telah melakukan seleksi yang ketat dari ajang Piala Suratin di Ende, Flores, NTT.

Mereka mampu memberikan 3 kali kemenangan dari tim kuat seperti Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. NTT mengalami kekalahan tipis hanya dari provinsi Kalimantan Timur selaku tuan rumah.

“Sebenarnya kami telah leading 2 gol, namun tuan rumah bisa membalas dengan 3 gol. Ini akan menjadi evaluasi kami ke depan untuk tetap fokus dan konsentrasi penuh sampai detik terakhir,” kata Patrick Domal dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Sabtu 17 September 2022.

Patrick Domal (kiri) ketika membawa PSCS Cilacap juara ISC mengalahkan PSS Sleman Yogyakarta di Final dengan skor 4 : 3. Foto: Istimewa

Patrick Domal merupakan salah satu pemain sepakbola profesional asal Manggarai, Flores, NTT. Awal karirnya adalah di klub PSS Sleman Yogyakarta di liga 1 bersama Gaston Castano dari Argentina dengan pelatih Horacio Montes kala itu. Patrick Domal sempat keluar masuk sampai 3 kali di PSS Sleman.

Selain itu dia juga pernah memperkuat Persiba Bantul Yogyakarta, PPSM Magelang, PSGC Ciamis Jawa Barat, Perseman Manokwari Papua, Persih Tembilahan Riau dan pernah membawa PSCS Cilacap, Jawa Tengah menjuarai ISC B.

Uniknya, di final mengalahkan PSS Sleman Yogyakarta, tim yang pernah membesarkannya di kancah sepakbola profesional Indonesia. Di Final yang berlangsung di Jepara, PSCS Cilacap mengalahkan PSS Sleman dengan skor dramatis 4 : 3 dengan perpanjangan waktu.

Patrick Domal kini masih memiliki keinginan kuat untuk terus meningkatkan skill para pemainnya untuk bisa berbicara lebih di ajang Popnas tahun depan. ” Semoga sepakbola NTT bisa semakin maju dan bisa melahirkan banyak talenta muda untuk tim nasional Indonesia,” ujar Patrick Domal pelatih yang sudah mengantongi lisensi B ini. Dia juga berharap NTT bisa mendirikan klub sepakbola profesional yang bisa berlaga di Liga profesional di Indonesia.

“NTT banyak sekali memiliki pemain-pemain muda yang potensial, saya kira dengan adanya SSB dan akademi sepakbola yang tertata, NTT akan memberikan kontribusi pemain di tim nasional,” tegas Patrick Domal.

Patrick Domal merupakan putra dari Damianus Domal dan Martina Niu yang berasal dari Rentung, Manggarai, Flores, NTT. Patrick Domal bisa masuk ke PSS Sleman karena melanjutkan studi di STIPER Yogyakarta dengan mengambil jurusan teknologi pertanian.

Karena motivasi yang kuat, sepakbola profesional menjadi pilihannya untuk menatap masa depan. Meskipun kini dia memiliki beberapa gerai ayam geprek Thirteen Chicken di kota wisata Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (lip)

Patrick Domal ketika membawa PSCS Cilacap juara ISC mengalahkan PSS Sleman Yogyakarta di final dengan skor 4 : 3.


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *