Pelaku UMKM dan Pekerja Informal Bisa Menjadi Peserta Jamsostek Lewat MSI

beritabernas.com – Pelaku UMKM bisa menjadi peserta Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) melalui Moon Shine Internasional (MSI) yang bermitra dengan PT Jamsostek (Tbk). Untuk menjadi peserta MSI, pertama-tama membayar Rp 300 ribu dan mendapat sejumlah produk dari MSI.

Selanjutnya peserta hanya membayar iuran sebesar Rp 17 ribu per bulan, yang bisa dibayarkan setiap bulan atau satu tahun sekaligus kepada PT Jamsostek. Ketika peserta meninggal dunia maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta.

BACA JUGA:

Stevan dari MSI dalam sosialisasi kepesertaan MSI-Jamsostek bagi pelaku UMKM di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY, Kamis 14 September 2023, mengatakan, sejumlah produk MSI yang bermitra dengan PT Jamsostek ditawarkan kepada masyarakat, terutama mereka yang selama ini belum bisa mengakses ke Jamsostek, seperti para pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM mengikuti sosialisasi kepesertaan Jamsostek melalui MSI di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Kamis 14 September 2023. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Selama ini, menunut Stevan, yang menjadi peserta Jamsostek baru pekerja formal yang bergaji atau upah/ berpenghasilan tetap setiap bulan. Sehingga sampai saat ini baru sekitar 26 juta pekerja formal yang menjadi peserta Jamsotek. Sementara pekerja informasi, seperti pelaku UMKM yang tidak punya penghasilan tetap tiap bulan, belum bisa menjadi peserta Jamsostek karena belum memenuhi syarat untuk menjadi peserta.

Untuk mengatasi hal itu sekaligus mengakomodir pekerja informal yang tidak berpenghasilan tetap menjadi peserta Jamsostek, menurut Stevan, maka Jamsostek menjalin kemitraan dengan perusahaan swasta termasuk MSI. Sehingga pekerja informal yang tidak berpenghasilan tetap bisa diakomodir untuk menjadi peserta Jamsostek.

Stevan melakukan sosialisasi kepesertaan Jamsostek melalui MSI di Wisma Yosoputro Cupuwatu, Kamis 14 September 2023. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Untuk menjadi peserta Jamsostek melalui MSI, menurut Stevan, peserta mendaftar melalui MSI dengan membayar Rp 300 ribu dan akan mendapatkan sejumlah produk herbal/minuman kesehatan dari MSI. Selanjutnya setiap bulan peserta membayar iuran ke Jamsostek sebesar Rp 17 ribu melalui jaringan minimarket yang ditunjuk. Setelah mendaftar menjadi anggota, peserta akan mendapatkan tanda kepesertaan secara digital/ softcopy bagi yang punya gadget/handphone dan kartu fisik kepesertaan/ hardcopy bagi yang tidak punya gadget.

Menurut Stevan, peserta bisa menjadi reseller dengan mencari 10 orang atau peserta baru dan akan mendapatkan komisi sebesar Rp 45 ribu dari tiap peserta baru yang direkrut. Dengan demikian, seorang reseller/ member bisa mendapatkan penghasilan Rp 450 ribu bila berhasil merekrut 10 peserta baru. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *