Pemkab Pemalang Berkolaborasi dengan ASEAN Youth Organization untuk Membangun Pemuda

beritabernas.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang, Jawa Tengah, berkolaborasi dengan ASEAN Youth Organization dalam melaksanakan proyek Thrive Together yakni sebuah inisiatif yang fokus pada pembangunan pemuda.

ASEAN Youth Organization yang bekerja sama dengan ASEAN Foundation dan didanai oleh Maybank Foundation melalui program eMpowering Youths Across ASEAN: Cohort 3 telah meluncurkan program pelatihan selama 4 hari di Pemalang mulai 1 Agustus sampai 4 Agustus 2023.

Fernando Jonathan dari ASEAN Youth Organization dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Kamis 10 Agustus 2023, mengatakan, proyek Thrive Together yang didukung oleh Pemkab Pemalang berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik bagi perkembangan pemuda setempat. Kolaborasi ini telah menjadi tonggak penting dalam upaya membangun pemuda yang berdaya saing dan berpotensi tinggi, yang dapat mendorong pertumbuhan dan kemajuan bagi masyarakat Pemalang.

Anggota ASEAN Youth Organization foto bersama dengan pemuda Pemalang. Foto: Istimewa

Dalam proyek ini, menurut Fernando Jonathan, ASEAN Youth Organization bersama dengan 12 anak muda dari 10 negara ASEAN bekerja sama menciptakan kurikulum dan mengimplementasikan program pelatihan.

“Kemitraan ini menciptakan kesempatan unik bagi pemuda Pemalang untuk mengakses pengetahuan dan keahlian dari anak muda ASEAN lainnya, mendorong pertukaran budaya, peningkatan kesadaran tentang pendidikan, isu-isu yang lekat dengan anak muda Pemalang dan membangun jejaring yang kuat di tingkat Asia Tenggara,” Fernando Jonathan.

Dikatakan, Maybank Foundation bersama ASEAN Foundation telah menunjukkan komitmen terhadap pembangunan pemuda dengan memberikan dukungan keuangan yang signifikan untuk Thrive Together Project. Dukungan ini akan digunakan untuk mengembangkan materi kurikulum pelatihan yang inovatif dan relevan serta mendukung pengembangan proposal dan alokasi dana untuk pemuda Pemalang agar dapat mengimplementasikan program-program yang diusulkan.

BACA JUGA:

Menurut Jonathan, proyek Thrive Together mengimplementasikan 4 program pelatihan yang berbeda di Pemalang, mulai dari Literasi Digital dan Berpikir Kritis, Jurnalisme Sosial, Manajemen dan Keberlangsungan Organisasi serta Manajemen Program, yang berlangsung pada 1 Agustus sampai 4 Agustus 2023.

Pada tanggal 10 Agustus hingga 31 September 2023, 50 Local Champion terpilih yang dibagi menjadi 10 kelompok akan mengimplementasikan program mereka. Dengan bantuan 12 relawan muda yang berdedikasi, program-program ini akan dipantau dan dievaluasi secara menyeluruh untuk memastikan dampaknya yang positif dan berkelanjutan bagi pemuda dan masyarakat setempat.

Michael Nugraha Budiarto, Direktur Utama ASEAN Youth Organization, menyatakan bahwa ASEAN Youth Organization akan selalu membantu menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan perubahan positif yang berkelanjutan melalui pelatihan-pelatihan dan acara pemberdayaan pemuda lainnya.

Sementara Dr H Supa’at, Asisten Arbitrase Umum Pemkab Pemalang yang mewakili Plt Bupati Pemalang berharap program ini berjalan sukses dan membawa perubahan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Pemalang.

Anggota ASEAN Youth Organization bersama pemuda Pemalang. Foto: Istimewa

Proyek Thrive Together sendiri merupapakan wujud nyata dari kolaborasi yang kuat antara pemerintah, organisasi internasional dan lembaga swasta dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan pemuda. Proyek ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi upaya serupa di seluruh wilayah ASEAN.

Jonathan menjelaskan bahwa proyek Thrive Together adalah sebuah inisiatif yang fokus pada pembangunan pemuda di Pemalang, Jawa Tengah, untuk meningkatkan kualitas hidup dan potensi pemuda melalui program pelatihan dan pengembangan keterampilan.

Sedangkan ASEAN Youth Organization adalah organisasi non-pemerintah yang fokus pada upaya memperkuat peran pemuda di wilayah ASEAN dan mendorong kerjasama regional. Sementara The eMpowering Youths Across ASEAN merupakan program dari Maybank Foundation dan ASEAN Foundation untuk menggembleng kerelawanan sosial di kalangan anak muda di kawasan ASEAN.

“Program ini menyatukan kelompok pemuda ASEAN yang berbakat untuk mengimplementasikan proyek komunitas yang berdampak di seluruh kawasan ASEAN bekerja sama dengan organisasi masyarakat sipil setempat,” kata Fernando Jonathan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *