Pengajian di SD Bonggalan, Sutanto: Budi Pekerti Luhur Memiliki Kedudukan yang Mulia

beritabernas.com – Budi pekerti luhur atau akhlakul karimah memiliki kedudukan yang tinggi dan mulia. Bahkan Rasulullah menjanjikan bahwa jika orang yang baik budi pekertinya maka di hari akhir akan duduk bersama dengannya.

Karena itu, segenap orangtua/wali agar bisa menjadi contoh akhlakul karimah kepada putra putrinya. Sebab, keteladanan sangat penting dalam mendidik anak.

“Pendidikan pertama dan utama adalah kewajiban dari kedua orangtua sejak masih dalam kandungan, setelah lahir ke dunia sampai dewasa dan hidup mandiri berkiprah di masyarakat. Sekolah bersifat melengkapi dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup serta pembiasaan baik lainnya. Namun orangtua yang berperan aling penting,” kata Drs Sutanto, Guru MTsN 3 Bantul saat memberikan tausiah dalam agenda pengajian rutin Ahad Pon keluarga besar SD Bonggalan, Srigading, Sanden, Bantul, yang dihadiri Ketua Komite Karnomo, Kepala Sekolah, Subinah, guru dan orangtua/wali siswa, Minggu 26 Mei 2024.

Menurut Sutanto, dari Aisyah ra, Abu Daud mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang mukmin itu dengan budi pekertinya yang baik dapat mengejar orang yang selalu berpuasa dan salat malam.”

Suasana pengajian di SD Bonggalan, Srigading, Sanden, Bantul. Foto: Dok pribadi

Sutanto mengatakan, dari Abu Umamah Ah Bahily ra berkata Rasulullah bersabda, “Aku berani menjamin sebuah rumah di Surga bagian bawah bagi orang yang meninggalkan debat kusir walaupun ia benar, dan menjamin sebuah rumah di Surga tengah bagi orang yang meninggalkan dusta walaupun ia bergurau serta menjamin  rumah di Surga bagian atas bagi orang yang selalu baik budi pekertinya (riwayat Abu Daud).

Sementara Kepala SD Bonggalan Subinah menyampaikan laporan bahwa Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) telah terlaksana dengan lancar pada 20-22 Mei 2024 dan saat ini tinggal menunggu hasilnya. Ia berharap para siswa mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada kepala dukuh dan pemerintah Kalurahan Srigading yang telah memfasilitasi perluasan jalan depan sekolah sehingga membuat lingkungan semakin aman dan nyaman.

“Kami minta dukungan kepada orangtua siswa untuk tidak bosan mengingatkan anak-anak belajar yang rajin, terlebih menghadapi ujian akhir tahun pada 1-3 Juni mendatang. Sekolah tak bisa berbuat banyak tanpa dukungan bapak-ibu orangtua,” kata Subinah. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *