Pentas Budaya untuk Mangayubagya KGPAA Paku Alam VIII sebagai Pahlawan Nasional

beritabernas.com – Pentas budaya berupa aneka tarian dan pembacaan puisi memeriahkan acara mangayubagya KGPAA Paku Alam VIII sebagai Pahlawan Nasional di Monjali (Monumen Jogja Kembali), Selasa 20 Desember 2022.

Ratusan tamu undangan dari berbagai unsur organisasi hadir menyaksikan acara yang diinisiasi Dewan Harian Daerah (DHD) Badan Pembudayaan Kejuangan ’45 tersebut.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Sosial DIY mengatakan, ditetapkannya KGPAA Paku Alam VIII sebagai pahlawan nasional bertepatan dengan hari pahlawan Tahun 2022, patut disyukuri.

Flyer mangayubagya KGPAA Paku Alam VIII sebagai Pahlawan Nasional. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Sebab, begitu banyak pahlawan nasional yang berasal dari DIY dan salah satunya Paku Alam VIII. Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi DIY. Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional tersebut juga dapat mendorong kita untuk lebih mengenal dan mengenang jasa para pahlawan serta bagaimana kita harus terus menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial nilai-nilai kepahlawanan dan nilai-nilai gotong royong yang dulu dilakukan para pahlawan.

Dikatakan, pentas budaya mangayubagya Paku Alam VIII sebagai pahlawan nasional yang diinisiasi oleh Badan Pembudayaan Kejuangan ’45 di kali ini dapat dimaknai sebagai rasa syukur serta pengingat bagi jasa almarhum KGPAA Paku Alam VIII.

Penyerahan penghargaan. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Semoga jiwa patriot dan nasionallisme Paku Alam VIII dapat menjadi suri teladan bagi kita semua dan semoga kita senantiasa memiliki integritas untuk melanjutkan perjuangan beliau dan mengisi kemerdekaan bangsa dengan prestasi dan karya yang bermanfaat,” kata Wakil Gubernur DIY.

Monjali Makin Ramai

Sementara itu, memasuki musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Monjali makin ramai dikunjungi para wisatawan terutama anak-anak sekolah dari berbagai daerah. Silih berganti para pengunjung keluar masuk museum Monjali yang berisi koleksi benda-benda sejarah perjuangan periode 1945-1949 itu.

Suasana Monjali yang makin ramai pengunjung, Selasa 20 Desember 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Kepala Badan Pengelola Museum Monjali Kol TNI (Purn) Maryono S.Sos, melihat jumlah pengunjung harian yang semakin ramai maka target pengunjung 120.000 pada tahun 2022 bisa tercapai. “Bahkan bisa melebihi target yakni mencapai 150.000 pengunjung tahun 2022. Karena khusus bulan Desember ini saja jumlah pengunjung bisa mencapai 20.000 orang,” kata Maryono.

Semakin ramainya pengunjung Museum Monjali selain karena mulai pulihnya pandemi Covid-19 juga karena wahana bermain dan fasilitas penerangan di sekeliling museum sudah diperbaiki dan terang seperti sebelum pandemi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *