Peringatan HAB ke-56, Momentum MTsN 3 Bantul Semakin Berkualitas

beritabernas.com – Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-56 MTsN 3 Bantul hendaknya menjadi momentum untuk semakin berkualitas, menjadi kebanggaan umat dan menjadi destinasi utama pendidikan.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Tim 2 GTK Bidang Dikmad Kanwil Kemenag DIY Jauhar Mukhlis Salistiyanta, S.Ag.MSI saat memberi sambutan pada Puncak Acara HAB ke-56 MTsN 3 Bantul yang berada di Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Rabu 31 Januari 2024.

Acara tersebut dihadiri Kasi Dikmad Kankemenag Bantul, Ahmad Musyadad S.Pd.I.,MSI, Forkompinkap Imogiri, Ketua Komite H Turmudzi, Lurah Wukirsari Susilo Hapsoro SE, Pengawas Madrasah Drs Miftakhul Bakhri M.Pd, Kepala SD/MI, SMP, SMA di wilayah Kapanewon Imogiri, mantan Kepala Madrasah, Guru, Pegawai TU, siswa dan orangtua/wali.

Jauhar menyambut gembira keberhasilan madrasah mewisuda 135 penghafal Quran tersebut. Menurutnya, program tahfidz merupakan program mandatory Kemenag yang harus didukung oleh seluruh elemen madrasah. 

peletakan batu pertama pembangunan musala MTsN 3 Bantul. Foto: Istimewa

“Program mandatory Kemenag yang mewajibkan siswa/i hafal minimal 2 juz, terlaksana sukses luar biasa di MTsN 3 Bantul. Terbukti, dengan capaian hafalan siswa terbanyak yakni 16 juz dan jumlah wisudawan/ti di atas 100 siswa yakni 135 siswa. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa seluruh elemen MTsN 3 Bantul saling bersinergi. Sebab, Tim kerja yang solid dan kompak akan memperkuat kualitas pendidikan. Sehingga, madrasah akan maju dan berkembang baik ketika intern nya kompak dan penuh inovasi,” tandasnya¬†

Dalam kesempatan itu Jauhar melakukan pemotongan tumpeng dan melaunching batik Sido Unggul serta peletakan batu pertama pembangunan Musala Roudhotut Thalibin MTsN 3 Bantul.

Kepala MadrasahTutik Husniati menyampaikan laporan singkat rangkaian HAB madrasah yang dipimpinnya. “Alhamdulillah, rangkaian acara HAB telah terealisasi dengan sukses. Dimulai dari silaturahmi ke kediaman alumni Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul, ziarah Pendiri MTsN 3 Bantul, lomba jalan sehat, baksos dan santunan anak yatim, dhu’afa, GTT dan PTT serta puncaknya hari, ditandai prosesi wisuda tahfidz, launching batik Sido Unggul, pemotongan tumpeng dan Matsaga bersholawat bersama oleh Habib Umar Zaki yang dibuka untuk umum. Kisaran Jamaah yang hadir dalam acara Matsaga Bersholawat adalah sekitar 1.500 orang,” terangnya.

BACA JUGA:

Dipandu guru hafizhat MTsN 3 Bantul, Widiastuti dan Siti Mukaromah, Kepala Madrasah mewisuda empat wisudawan terbaik berprestasi, yakni Faza Qintara Kamil (Terbaik pertama dengan jumlah hafalan 16 juz); Nazala Huria Masruroh (Terbaik kedua dengan jumlah hafalan 12 juz); Raihana Az-Zahra Utama (Terbaik ketiga dengan jumlah hafalan 10 juz); Farach Ibtisamatuz Zahra (Terbaik keempat dengan jumlah hafalan 10 juz).

Di bawah bimbingan guru Seni Budaya, Sutanto duet Wening Nur Arofah dan Nur Aina Salwa tampil percaya diri memandu acara dalam bahasa Jawa dan bahasa Indonesia sehingga rangkaian acara berjalan lancar sampai akhir.

Acara semakin lengkap dengan penampilan Hadroh El Haiba yang semuanya siswi madrasah,¬† kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipimpin Zhana Arum Prastiwi, Hikmah Tahfidzul Quran dengan tema ‘Barokah Alquran’ oleh ustad Raden Abdul Haris Al Hafidz, Pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran Nurul Istadz Wonokromo, doa oleh Ahmad Musyaddad dilanjutkan dengan ‘Matsaga Bersholawat’ oleh Habib Umar Zaki Assegaf’. (sutanto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *