Politisi Muda dan Anggota DPRD DIY dari PSI Dr Raden Stevanus Apresiasi E-Lapor untuk Pemilu DIY

beritabernas.com – Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM memuji atau mengapresiasi E-Lapor pemilu yang dibangun Pemda DIY sejak tahun 2017. Ia menilai sistem tersebut sebagai langkah keren dan efektif.

“Ini sebagai langkah yang keren dan efektif untuk menerima informasi, data, laporan hingga pengaduan terkait dengan pelayanan publik,” kata Dr Raden Stevanus C Handoko S.Kom MM sebagai salah satu narasumber dalam Podcast Diseminasi Konten Positif: Peran SP4N-Lapor dan E-Lapor DIY dalam Menampung Aspirasi Pemilih Pemilu 2024 di Legend Coffee Kotabaru, Yogyakarta, Rabu 15 November 2023.

Selain Dr Raden Stevanus, tampil sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Riris Puspita Wijaya Krisdaningrat ST MAcc (Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo DIY) dan Sutrisnowati SH MH M.Psi (Ketua Bawaslu DIY.

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM. Foto: Dok Pribadi

Apresiasi itu disampaikan politisi muda dan anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini terkait inovasi yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah DIY dalam menampung informasi, aspirasi, pengaduan, laporan yang kemudian dilanjutkan kepada pihak terkait mengenai proses Pemilu melalui SP4N dan E-Lapor. 

Menurut Dr Raden Stevanus, pemanfaatan channel SP4N dan E-Lapor sebagai langkah cukup baik untuk meneruskan informasi, data, pengaduan dan laporan dari masyarakat kepada pihak-pihak terkait. 

Dikatakan, Pemerintah DIY sudah memiliki sistem yang ‘keren’ untuk menampung aspirasi dan laporan terkait kampanye melalui SP4N dan E-Lapor. Inovasi ini memungkinkan masyarakat menyampaikan berbagai informasi, pengaduan atau keluh kesah selama masa proses pemilu dengan lebih mudah.

Menurut Dr Raden Stevanus yang kembali maju sebagai Caleg DPRD DIY dari PSI pada Pemilu 2024 Dapil DIY 1 yang meliputi seluruh Kecamatan/Kemantren di Kota Yogyakarta, mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam menyediakan berbagai macam channel pelayanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

BACA JUGA:

Sebab, menurut Raden Stevanus, semakin banyak channel dan ruang yang dibuka oleh pemerintah, semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Ia pun mendorong adanya kerjasama antara pemerintah daerah dan Bawaslu serta KPU DIY untuk menjalankan fungsi dan kewajiban dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Pemanfaatan SP4N dan E-Lapor menjadi langkah untuk memberikan jalan bagi masyarakat menyampaikan informasi, data, pengaduan hingga keluh kesahnya selama masa proses pemilu. Kita berharap penyelenggara pemilu, pemerintah dapat menjalankan fungsi dan kewajibannya dengan baik,” kata Dr Raden Stevanus.

Dikatakan bawah kita berada di era 5.0 dan DIY sudah termasuk urutan pertama tentang pemanfaatan teknologi menurut data Kominfo Pusat. Karena itu, penyebaran informasi melalui media online akan sangat cepat dan mudah diterima maupun diakses oleh pemerintah.

Ia pun berharap dalam pemilu-pemilu selanjutnya sudah ada aturan yang lebih progressif untuk dapat memberi ruang kepada masyarakat 5.0 untuk memanfaatkan channel social media sebagai bagian dari sistem laporan kepada penyelenggara dan pengawas pemilu. Tidak hanya Multichannel namun sudah pada Omnichannel penyampaian informasi, data, pelaporan hingga pengaduan terkait Pemilu.

Dengan langkah-langkah inovatif ini, ia berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih terbuka bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan, memastikan proses pemilu berjalan transparan, adil, jujur dan responsif. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *