Presiden Jokowi Telah Meresmikan Logo Baru IKN Nusantara, Ini Makna Logo Tersebut

beritabernas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan logo baru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berbentuk pohon hayat.

Logo baru IKN Nusantara tersebut merupakan hasil voting tertingi dari 5 nominasi logo yang dipilih oleh masyarakat pada periode 4 April hingga 20 Mei 2023. Lalu apa makna logo pohon hayat tersebut?

Dikutip beritabernas.com dari akun instagram Kementerian PUPR disebutkan pohon hayat Nusantara terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari Barat sampai Timur Indonesia.

Makna logo baru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: IG@kemenpupr

“Pohon hayat merupakan sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi kita,” cuit Kementerian PUPR di akun instagramnya.

Menurut Kementerian PUPR, 5 akar pohon hayat dalam logo tersebut melambangkan Pancasila dan 7 batangnya mewakili 7 pulau besar di Indonesia serta 17 kembang menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Menanggapi makna logo baru IKN Nusantara tersebut, seorng warganet Asep Kambali pemilik akun instagram @asepkambali menyebut pohon hayat adalah imajiner alias tidak ada dalam dunia nyata atau tidak tumbuh dimanapun, termasuk di Indonesia. Pohon hayat itu juga berarti tree of life atau pohon kehidupan.

BACA JUGA:

Min, mengutip Britannica, Pohon Hayat itu berarti “tree of life.” Juga bentuk arketipe umum bagi banyak kepercayaan, mitologi, dan folklore di seluruh dunia. Singkatnya Pohon Hayat adalah “imajiner” alias tidak real/tidak nyata ada tumbuh di manapun. Termasuk tidak tumbuh di Indonesia,” tulis Asep Kambali di kolom komentar.

Sementara warganet lainnya, Bumi Pagun Taka pemilik akun instagram @finoooohuuuu memuji logo baru IKN Nusantara tersebut sekaligus mengucapkan selama kepada pemenang logo tersebut. “Keren dan selamat atas Aulia Akbar yang telah memenangkan sayembara logo IKN Nusantara,” tulis Bumi Pagun Taka. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *