Prof Sardjiman Launching Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro

beritabernas.com – Mantan Guru Besar Farmasi UGM Prof Sardjiman melaunching Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’ di rumahnya Jalan Mujair Raya Nomor 15 Perumahan Minomartani, Ngaglik, Sleman, Minggu 11 September 2022.

Launching Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’ ini bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-71 Prof Sardjiman yang pensiun dari Guru Besar Farmasi UGM pada tahun 2021 lalu. Acara launching Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’ itu dilakukan bersamaan dengan launching kos-kosan di lantai dua rumahnya yang cukup luas dan persis di tepi jalan dilanjutkan dengan jalan sehat yang diikuti anggota KJNI Mino Sastro.

Prof Sardjiman (keempat dari kiri) memberikan sambutan pada acara launching Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’ di rumahnya, Minggu 11 September 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Prof Sardjiman, Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’ yang terbuka untuk umum untuk membantu siapa saja yang ingin mengetahui dan menguasai sifat atau  reaksi obat di dalam tubuh manusia dengan mudah melalui metode iqro’ atau membaca gambar.

Dikatakan,  Ilmu Kimia Organik merupakan ilmu yang penting bagi mahasiswa atau pun mereka yang beprofesi sebagai orang yang paling bertanggung jawab menjelaskan sifat atau reaksi obat di dalam tubuh manusia yaitu apoteker ketika mereka  membutuhkan informasi tentang obat.

Prof Sardjiman mengatakan, umumnya obat merupakan senyawa organik yang dalam menjelaskan harus menggunakan gambar yang berupa rumus bangun atau struktur kimia. Kebanyakan struktur obat merupakan gambar yang rumit. Sehingga sudah sejak lama kimia organik ditakuti, banyak dihindari dan bahkan ada yang merasakan sebagai ilmu momok yang menakutkan.

Prof Sardjimaan bersama anggota KJNI Mino Sastro melakukan olahraga jalan sehat. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Karena itu, menurut Prof Sardjiman, melalui Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’, ia ingin membantu mahasiswa, siswa/siswi atau siapa pun yang ingin memiliki pengetahuan dan keahlian dalam membaca sifat atau reaksi obat dalam tubuh manusia dengan mudah dengan menggunakan metode iqro’ atau membaca gambar.

“Dengan  membuka pusat pembelajaran ini akan membantu mahasiswa ataupun mereka yang banyak membutuhkan informasi tentang obat. Dengan bergabung dengan kami akan memudahkan kami dalam hal transfer ilmu.  Penggagas / pencipta pusat pembelajaran ini  mengharapkan dapat dimudahkan oleh Alloh dalam memahami ilmu kimia organik dan memecahkan kebuntuan dalam penyelesaian masalah pembelajaran,” kata Prof Sardjiman masih aktif mengajar di perguruan tinggi swasta terkemuka di Solo ini.

Anggota KJNI Mino Sastro jalan sehat memeriahkan launching Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’ di rumh Prof Sardjiman, Minggu 11 September 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Prof Sardjiman menamai metode iqro’ karena metode yang digunakan adalah dengan cara membaca. Dalam hal ini membaca gambar, membaca struktur (rumus bangun), membaca rumus molekul, membaca rumus empiris dan membaca gugus fungsi.

Prof Sardjiman (kanan). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Melalui Pusat Pembelajaran Kimia Organik Metode Iqro’, Prof Sardjiman ingin membantu dan membagikan ilmu dengan mudah dan cepat dipahami/dikuasai serta ingin mewariskan ilmu penting yang bermanfaat bagi masyarakat kepada anak cucu dan masyarakat umum.

Pusat pembelajaran ini akan dibuka setiap hari Senin sampai Kamis dengan 3 orang pengajar yang mengusasi farmasi, termasuk Prof Sardjiman sendiri. (lip)

         


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *