Prospek dan Peluang Kerja Terbuka Luas, Jurusan Statistika UII Buka Program Magister

beritabernas.com – Prospek dan peluang kerja lulusan statistika di era revolusi industri 5.0 terbuka luas di berbagai bidang. Tenaga profesional di bidang statistika pun banyak dibutuhkan di berbagai bidang sehingga perlu disiapkan sejak dini.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Jurusan Statistika Fakultas MIPA UII membuka Program Magister Statistika. Soft Launching Program Studi Statistika Program Magister dilakukan secara daring pada Sabtu 26 November 2022.

Soft Launching yang diikuti calon wisudawan/wisudawati dan alumni Program Studi Statistika UII juga diisi dengan workshop dengan tema Pentingnya Magister Statistika pada Era Revolusi Industri 5.0 dan Otomatisasi dengan narasumber Dr Roza Azizah Primatika S.Si MSi yang merupakan lulusan Prodi Statistika UII tahun 2008.Saat ini, Roza Azizah Primatika bekerja sebagai dosen di Departemen Kesehatan Masyarakat Veteriner (KMV), Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Dekan Fakultas MIPA UII Prof Riyanto PhD. Foto: tangkapan layar zoom meeting

Menurut Dekan Fakultas MIPA UII Prof Riyanto PhD mengatakan, soft launching dilakukan setelah keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor 699/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Statistika Program Magister UII.

Berdasarkan SK tersebut, menurut Prof Riyanto, Program Magister Statistika UII akan melaksanakan perkuliahan mulai semester genap 2023. “Pendaftaran mahasiswa baru dibuka pada 1 Desember 2022 melalui admisi pada portal http://statistics.uii.ac.id/magister,” kata Prof Riyanto.

Menurut Prof Riyanto, visi dari Program Magister Statistik UII adalah mengembangkan ilmu statistik terapan berbasis penelitian pada bidang kesehatan, pangan, teknologi, bisnis dan industri untuk menghasilkan lulusan yang kredibel (kapabel dan fleksibel) dan memiliki keunggulan dalam keislaman.

Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan sesuai standar nasional yang berorientasi global, sehingga lulusan dapat berperan di tingkat nasional dan global. Selain itu, melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian yang mendukung pengembangan ilmu statistik, meaksanakan pengabdian terkait ilmu statistik bagi masyarakat lokal, regional, nasional, dan internasional dan melaksanakan kegiatan dakwah islamiyah untuk menyebarkan teladan nilai-nilai keislaman.

Dr Roza Azizah Primatika S.Si MSi, narasumber workshop statistik. Foto: tangkapan layar zoom meeting

Dikatakan, Program Magister Statistik UII mengusung kurikulum dengan capaian pembelajaran lulusan yang disingkat sebagai CREATIVE MINDS berupa kompetensi Communication, Research, Entrepreneurship, Analysis, Technology, Islamic ethics, Value, Elaboration, Managerial, Innovation, Nationality, Diagnosis dan Science.

Peluang kerja

Menurut Dr Roza Azizah Primatika S.Si MSi, peluang kerja statisticians atau statistisi sangat terbuka luas, antara lain di pemerintahan, digital dan kesehatan. Bahkan pertumbuhan statistika diproyeksikan tumbuh 33 persen dari tahun 2020-2030 di seluruh bidang pekerjaan.

Dikatakan, dalam tata kelola pemerintahan, data merupakan hal yang penting dalam transparansi dan pengambilan keputusan yang akurat secara cepat. Sementara peran statistisi (orang yang bekerja di bidang statistik) dalam tata kelola digital, kreativitas dalam perencanaan bisnis, pengelolaan dan analisis big data sebagai seorang data scientist.

Ameilea Chealsea E, pembawa acara. Foto: tangkapan layar meeting zoom

Sedangkan di bidang kesehatan, rekam medis ataupun pelaporan kasus penyakit dapat dilakukan analisis secara terperinci guna melakukan penanganan, pencegahan dan pengendalian suatu penyakit.

“Pekerjaan seorang statistis tergantung dari lingkungan kerjanya. Misalnya, seorang ahli statistik yang bekerja di rumah sakit mungkin memiliki tugas yang berbeda dengan seorang ahli statistik yang bekerja di laboratorium penelitian,” kata Roza Azizah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *