RS Panti Nugroho Memberikan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar pada UMKM dan Relawan

beritabernas.com – Rumah Sakit (RS) Panti Nugroho Sleman, DIY memberikan pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada UMKM dan Relawan.

Pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat awam, terlebih dalam kehidupan harian maupun keselamatan selama bekerja ini, bertepatan dengan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Kegiatan Bhakti RS Panti Nugroho ini bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. 

BACA JUGA:

Menurut Budi Purwanto, Humas RS Panti Nugroho, dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Selasa 21 Pebruari 2023, kegiatan ini diikuti lebih dari 50 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM Kabupaten Sleman, sebagian dari Kota Yogyakarta dan relawan dari sekitar rumah sakit. 

Direktur RS Panti Nugroho, dr Henry Widyanto Handoko Saputro MBA mengapresiasi antusiasme peserta yang mengikuti dan mempraktekkan pelatihan BHD ini.

Peserta pelatihan mempraktekkan pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD). Foto: Istimewa

 “Kehadiran bapak dan ibu dalam pelatihan ini merupakan bukti nyata bahwa ada kepedulian dari bapak dan ibu untuk dapat membantu atau menolong sesama. Dengan diawali keinginan dan dilanjutkan dengan pelatihan BHD ini semoga banyak orang yang dapat terselamatkan sebelum para tenaga medis datang untuk memberikan pertolongan lebih lanjut,” kata dr Henry.

Kegiatan Bhakti RS Panti Nugroho terhadap BHD ini juga dihadiri oleh Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Disnakertran DIY Amin Subagus SKM, M.Kes. Ia menyampaikan materi penerapan budaya K3 pada sektor Usaha Mikro Kecil, agar pelaku usaha kecil tetap memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan selama bekerja.

Narasumber menyampaikan materi pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD). Foto: Istimewa

Ia menambahkan dengan kegiatan BHD ini akan  terwujud seperti syair lagu kebangsaan RI, yaitu bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya.

Selain diberikan materi teori oleh tim Bantuan Hidup Dasar Rumah Sakit, dalam pelatihan ini para peserta juga melakukan praktik pemberian Bantuan Hidup Dasar. Sebelum dan sesudah pelatihan, peserta dites sejauh mana materi yang telah disampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh para peserta.

Peserta pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan jajaran manajemen RS Panti Nugroho dan Disnakertrans DIY fotto bersama. Foto: Istimewa

Dalam pelatihan ini, RS Panti Nugroho sebagai  penyelenggara juga melakukan pretest dan posttest dan hasilnya memuaskan yakni materi pelatihan BHD bisa diterima dengan baik. Peserta juga diberikan sertifikat pelatihan BHD.

Sr Theresiana CB menutup kegiatan dengan membagikan eco enzim kepada peserta dan memaparkan manfaatnya. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *