SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Gelar Latihan Gabungan Pramuka dan Pecinta Alam

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 03.053-03.054 dan Komunitas Pecinta Alam SMA BOPKRI 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan latihan gabungan pendakian di Gunung Prau, Wonosobo, Dieng, Jawa Tengah, pada Jumat dan Sabtu 16-17 Juni 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Dewan Ambalan dan Pecinta Alam yang berjumlah 16 anak, didampingi oleh para Pembina Pramuka dan pelatih Pencinta Alam, antara lain Lukas Istiadi, Dra V Lies Ratnawati, Drs Mursetyadi Yuli Sadono SPd, Agung Budi Putranto, Cita Murti Pramaeswari SPd, Maria Andrenia Niken Ayu S SPd, Oktavianus Chris Ardyanto SPd, C Diesta Kurniawan SPd, Gregorius Aditya Wibisono SPd dan Gideon Haryo Adi.

Tim pembina dan pelatih yang mendampingi latihan gabungan SMA BOSA Yogyakarta. Foto: agung bp

Para peserta dan pembina mulai berkumpul di sekolah SMA BOPKRI 1 Yogyakarta pada jam.16.00. Setelah ceking perlengkapan, pembagian kendaraan kemudian dilanjutkan secara bersama-sama menuju Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah dengan menggunakan 4 armada (mobil).

Tim peserta Latihan Gabungan tiba di basecamp Dhuworowati sekitar pukul 20.00 dan dilanjutkan untuk koordinasi dan istirahat. Pada pukul 01.00 wib, peserta, pembina dan pelatih mulai persiapan untuk naik ke Gunung Prau. Karena beberapa peserta ada yang baru pertama kali naik gunung sehingga pembina serta pelatih menyesuaikan kondisi peserta untuk dapat sampai di puncak.

BACA JUGA:

Setelah beberapa jam dan beberapa kali istirahat tim peserta latihan gabungan sampai di puncak Gunung Prau setinggi 2590 MDPL. Peserta mulai menyesuaikan dengan kondisi cuaca di puncak Gunung Prau sampai munculnya matahari terbit yang sungguh sangat menakjubkan.

Dengan kegiatan latihan gabungan ini pembina dan pelatih berharap setiap anggota Pramuka dan Pecinta alam dapat bersinergi dalam setiap kegiatan selanjutnya, berbagi ilmu pengetahuan, lebih menghargai alam ciptaan Tuhan serta berkewajiban merawat dan menjaga alam sekitar dengan berprilaku baik tentu saja dengan mengeratkan persaudaraan bakti.

Tim saat perjalanan turun gunung dan menunggu teman yang belum tiba di pos. Foto: agung

Setelah puas menikmati keindahan dari puncak Gunung Prau, peserta latihan gabungan mulai turun dengan menyapu bersih dengan mengambil sampah plastik dan sampah yang tidak bisa terurai yang dilakukan dalam perjalanan turun gunung dari puncak sampai Basecamp Dhuworowati.

Setelah sampai di basecamp, sampah dipilah dan diserahkan ke pengurus basecamp dengan memasukan sampah ke tempat sampah yang telah disediakan di basecamp. Setelah melakukan bersih diri, istirahat kemudian dilanjutkan dan pulang menuju SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Atas berkat serta Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kegiatan latihan gabungan dapat terlaksana dengan baik dan lancar. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *