SMA Negeri 10 Yogyakarta Bersama Dinas LH Kota Yogyakarta Mengadakan Uji Emisi

beritabernas.com – SMA Negeri 10 Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Yogyakartamengadakan uji emisi kendaraan bermotor di area sekolah, Kamis 14 September 2023. Hal ini sebagai bentuk kepedulian sekolah tersebut untuk menjaga kesehatan lingkungan dan merawatnya.

Sebagai sekolah Adiwiyata yang peduli pada kesehatan lingkungan dan merawatnya, pihak SMA Negeri 10, terutama tim Adiwiyata sekolah, mendatangkan profesional dari Dinas LH Kota Yogyakarta untuk memeriksa level emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor milik warga sekolah.

Suasana kegiatan uji emisi kendaraan bermotor di halaman SMA Negeri 10 Yogyakarta, Kamis 14 September2023. Foto: Aliva

Menurut Jumadi SPd, Ketua Adiwiyata SMA Negeri 10 Yogyakata, semakin tinggi level emisi yang dikeluarka kendaraan, maka akan semakin berbahaya dampaknya bagi lingkungan. Sebaliknya, jika level emisi yang dikeluarkan lebih kecil, maka akan lebih baik dampaknya bagi lingkungan.

BACA JUGA:

Dikutip dari Wikipedia, emisi atau emisi gas buang merupakan sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin pembakaran, di dalam maupun di luar, mesin jet yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin. Sisa hasil pembakaran ini akan dikeluarkan oleh kendaraan bermotor dan dapat mencemari udara sekitar.

Suasana kegiatan uji emisi kendaraan bermotor di halaman SMA Negeri 10 Yogyakarta, Kamis 14 September2023. Foto: Aliva

Selain uji emisi, kegiatan ini juga dilakukan sebagai edukasi bagi seluruh pemilik kendaraan bermotor di SMA Negeri 10 Yogyakarta, terutama bagi siswa Kelas XI dan XII, yang sering menggunakan kendaraan bermotor untuk berangkat ke sekolah.

Edukasi dimaksudkan agar siswa SMA Negeri 10 Yogyakarta bisa merawat kendaraan pribadi dengan baik. Contohnya untuk membawa kendaraan mereka ke bengkel atau pekerja profesional untuk diperiksa, dan diperbaiki jika ada kendala. (Aliva, Pers BHIPA Magz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *