SMK Kesehatan Sadewa Adakan PTA dan Dianpinsat 2023

beritabernas.com – Gerakan Pramuka SMK Kesehatan Sadewa, Ambalan Rama Wijaya dan Dewi Sinta melakukan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) dengan tema Manuja Prapti Baron (menuju sesuatu baru).

Kegiatan PTA dan Dianpinsat yang diikuti oleh 146 peserta didik Kelas X unit 1 & unit 2 SMK Kesehatan Sadewa ini dilaksanakan di SMK Kesehatan Sadewa Unit 1, pada 14-15 Oktober 2023.

Kegiatan ini merupakan kegiatan bagi Tamu Ambalan menjadi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak.

Penerimaan Tamu Ambalan tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan jiwa kepimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedislipinan dan kemandirian.

Acara ini diawali dengan upacara yang dibuka oleh Luluk Fista Muliawati S.Kep Gr selaku Waka Humas dan Anggota Mabigus yang mewakili Kepala Sekolah SMK Kesehatan Sadewa. 

Peserta PTA dan Dianpinsat mengikuti senam Pramuka Istimewa. Foto: Agung BP

Kegiatan meliputi senam pramuka istimewa, jelajah alam dan simulasi PPGD evakuasi kecelakaan dan disertai perlombaan tradisional (swayambara), pengisian materi pengenalan saka oleh saka bakti husada dan saka bhayangkara ranting depok, di tutup dengan kegiatan pasar rakyat yaitu kegiatan karya cipta kuliner yang di Kelola dengan wirausaha sekaligus penempuhan ujian SKU penegak Laksana bagi dewan ambalan yang menjadi sangga kerja kegiatan.

BACA JUGA:

Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan dengan Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT) yang di ikuti oleh ketua dan wakil ketua sangga serta pengurus dewan Ambalan lainnya. Kegiatan tersebut dikemas dengan mini camp, materi pengelolaan organisasi dan  materi kepemimpinan, soft skill public speaking dan pemecahan masalah dengan metode akal disisir.

Kegiatan Dianpinsat ini diharapkan agar pimpinan Sangga dapat mengaplikasikan pengelolaan satuan dengan baik, sehingga Sangga/ kelompoknya menjadi Sangga yang tertib administrasi memiliki dan scouting skill yang baik. (agung budi putranto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *