SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Menggelar Education Fair 2023

beritabernas.com – SMA Pangudi Luhur (PL) Yogyakarta menggelar Education Fair 2023 SMA Pangudi Luhur (PL) Yogyakarta di sekolah setempat, Jumat 6 Oktober 2023. Education Fair 2023 yang diikuti berbagai perguruan tinggi ini juga sebagai salah satu kegiatan layanan bimbingan dan konseling bagi para siswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan selepas SMA.

Kepada beritabernas.com, Waka Humas SMA PL Yogyakarta yang juga sebagai Ketua Panitia Education Fair 2023 Anastasia Ratna Dwiyanti mengatakan, siswa SMA tergolong remaja yang umumnya berusia antara 13-18 tahun. Mereka berada pada fase usia dengan cara berpikir yang lebih  kritis dan mulai dengan serius memikirkan masa depan termasuk di dalamnya masalah karir, sikapnya terhadap pendidikan dan minatnya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Para siswa saling berbagi informasi terkait studi lanjutan yang akan mereka tempuh selepas SMA, Jumat (6/10/2023). Foto Istimewa

“Pelaksanaan Education Fair di SMA PL Yogyakarta ini sudah memasuki tahun ke-15. Terhitung sejak tahun 2008 kami menggelar acara seperti ini,” terang Ratna yang keseharian mengajar Biologi.

Ratna menambahkan, proses persiapan dimulai dari pembuatan proposal penawaran partisipasi ke berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan.

“Kami kirim proposal melalui email dan whatsapp. Hingga sejumlah lembaga pendidikan tersebut merespon untuk berpartisipasi dalam bentuk presentasi atau ekspo/pameran pendidikan,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Education Fair SMA PL 2023 ini melibatkan semua guru dan karyawan juga para siswa, mulai kelas X, XI dan XII serta para orang tua siswa. Tercatat ada 23 lembaga pendidikan tinggi yang ikut berpartisipasi. Dari Yogyakarta di antaranya, Universitas Kristen Duta Wacana, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Universitas Sanata Dharma, STIE YKPN, Stikes Panti Rapih, Universitas AMIKOM, Universitas Atma Jaya, Institut Teknologi Nasional, Stipram, ALFALINK Multimedia Nusantara, Politeknik Ganesha Operation dan Lorven.

Sedangkan dari Jakarta dan sekitarnya, ada President University, Sekolah Tinggi Manajemen Aktuaria Trisakti, Universitas Multimedia Nusantara, Dynamic Education Group dan Universitas Tarumanegara. Sementara dari kawasan Semarang dan sekitarnya ada Soegijapranata Catholic University,  Binus University, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Hadir pula dari wilayah Surakarta, Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri. Dari Surabaya ada Indonesia Tionghoa Culture Centre.

Sejumlah siswa mengumpulkan beragam informasi tentang program studi selepas SMA dari berbagai perguruan tinggi dalam Education Fair 2023 di halaman SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, Jumat (6/10/2023). Foto: Istimewa

Dari acara ini diharapkan, dapat membantu peserta didik memperluas wawasan tentang dunia perguruan tinggi sehingga semakin memahami informasi akan pentingnya mempersiapkan lanjutan studi dan karier. Di samping itu juga meningkatkan kerjasama antara SMA PL Yogyakarta dengan  lembaga-lembaga pendidikan tinggi agar  dapat  lebih  optimal  dalam membantu peserta didik memperoleh informasi terbaru.

Dibukanya layanan konsultasi dalam gelaran Education Fair diharapkan memberikan solusi atas masalah pribadi para siswa. Terutama terkait studi atau karier peserta didik dalam mempersiapkan masa depan. Juga menjadi  jembatan dalam mempertemukan sejumlah perguruan  tinggi dan konsultan pendidikan dengan seluruh siswa dan orang tua siswa di SMA PL Yogyakarta. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *