Mafindo Yogyakarta Adakan Prebunking Campaign untuk Sosialisasi Anti Hoaks

beritabernas.com – Untuk meningkatkan perhatian mahasiswa tentang pencegahan hoaks, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Yogyakarta bekerja sama dengan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) menyelenggarakan Prebunking Campaign yakni sosialisasi anti hoaks.

Kegiatan ini dilakukan untuk membekali peserta agar memiliki keterampilan mengidentifikasi dan mengecek kebenaran informasi serta menyebarkan informasi yang akurat dan bermanfaat. Prebunking Campaign merupakan upaya positif meningkatkan perhatian mahasiswa tentang pencegahan hoaks.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNRIYO Wahyu Rochdiyat mengapresiasi kegiatan Prebunking Campaign yang dilakukan Mafindo Yogyakarta ini. “Kegiatan ini sangat menarik, bermanfaat. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat berlanjut dan diselenggarakan lagi di UNRIYO,” kata Rochdiyat.

BACA JUGA:

Kegiatan yang diikuti oleh 200 mahasiswa dari berbagai program studi ini digelar di Kampus UNRIYO pada Rabu11 Oktober 2023. Prebunking Campaign dikemas dalam bentuk fun games sehingga peserta lebih memahami bagaimana mengenali informasi hoaks yang menyebar di masyarakat.

Peserta prebunking campaign bermain ular tangga. Foto: Istimewa

Dalam kegiatan itu,  Mafindo menyediakan photobooth, sejumlah games menarik seperti board games fandom dan ular tangga anti hoaks serta menyediakan merchandise bagi peserta games. Kedua permainan tersebut bukan sekadar pertunjukan games yang menyenangkan, tetapi juga menyisipkan edukasi mengenai hoaks.

Leni Sartikal, mahasiswi Prodi S1 Kebidanan UNRIYO mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut karena dapat belajar membedakan mana informasi hoaks dan fakta dari berbagai permainan dalam Prebunking Campaign. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *