Warga Jogja Deklarasikan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk Indonesia

beritabernas.com – Berbagai komponen gerakan rakyat Yogyakarta yang terdiri dari aktivis, seniman, kaum profesional, buruh, mahasiswa mendeklarasikan pasangan Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud MD sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024-2029 di halaman DPRD DIY Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu 18 Oktober 2023 pukul 15.00 WIB.

Deklarasi yang dilakukan Gamari ini mengandung sejumlah harapan. Pertama pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD merupakan kombinasi pasangan paling ideal saat ini untuk memimpin NKRI ke depan.  Pengalaman Ganjar Pranowo di parlemen RI dan Gubernur Jawa Tengah membuatnya paham dan mengerti tentang penyelenggaraan negara. 

Warga Jogja dari berbagai elemen mendeklarasikan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk Indonesia. Foto: Istimewa

Kedua, menurut Ketua Umum Gamari Widihasto Wasana Putra, sosok Mahfud MD dengan basic keilmuan sebagai pakar hukum yang pernah menghantarkannya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan saat ini menjabat Menkopolhukam RI menempatkannya sebagai pribadi berkharakter yang sangat berintegritas. 

“Kami berharap pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD menjadi ujung tombak tiga persoalan bangsa mendasar bangsa ini yakni kemiskinan dan kesenjangangan sosial, korupsi dan radikalisme,” kata Widihasto Wasana Putra kepada beritabernas.com.

Ketiga, menurut Hasto-sapaan akrab Widihasto Wasana Putra, sebagaimana sasanti para leluhur Nusantara, Jaya Jaya Wijayanti Rahayu Kamulyaning Jagad, kepemimpinan Ganjar-Mahfud dapat mewujudkan kemakmuran rakyat dan kejayaan negeri Nusantara di kancah jagad internasional.

Menurut Hasto, deklarasi diisi dengan orasi tokoh masyarakat dan pentas seni pertunjukan. Penari dan koreografer senior Bimo Wiwohatmo mengawali prosesi deklarasi dengan membawakan tarian berjudul “Sangkakala” yang artinya menyongsong matahari terbit. Harapan fajar baru bersama Ganjar Mahfud.

Warga Jogja berbagai elemen masyarakat mendeklarasikan Ganjar-Mahfud MD sebagai Capres-Cawapres, 18 Oktober 2023. Foto: Istimewa

Prosesi deklarasi Ganjar Mahfud disimbolkan dengan peletakan dua buah keris pusaka yakni keris Nogososro kinatah emas kamarogan tangguh Majapahit dan keris Singgo Barong kinatah emas kamarogan tangguh Majapahit.

Keris Nogososro mewakili pak Ganjar sebagai Sang Hyang Antaboga dan keris Singgo Barong dengan nama Kyahi Simo Nuswantoro mewakili Mahfud MD. Dalam tradisi upacara adat Jawa, kehadiran sosok laki-laki dalam sebuah perhelatan penting kerap disimbolkan dengan adanya tosan aji keris.

BACA JUGA:

Selain keris, turut disertakan dua kain batik motif Wahyu Tumurun sebagai simbol diterimakannya mandat keduanya sebagai capres dan cawapres 2024-2029.

Keniscayaan

Menurut Hasto, pemilihan Mahfud MD sebagai Cawapres mendampingi Capres Ganjar Pranowo adalah keniscayaan sebagian besar rakyat Indonesia. Setelah 10 tahun Indonesia meletakkan fondasi pembangunan ekonomi dan stabilitas politik untuk melesat lebih tinggi lagi, kini saatnya upaya itu dilanjutkan dengan sekaligus mengupayakan perubahan mendasar di sektor lain, yakni pelembagaan penegakan hukum.

“Rakyat tidak ingin pertumbuhan ekonomi mengorbankan penegakan hukum seperti di masa Orde Baru. Kini saatnya rakyat memiliki harapan lebih baik pada pasangan terideal dalam pemilu pilpres 2024 : Ganjar-Mahfud,” kata Hasto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *