Tambah 18 Doktor Baru, Kini UII Miliki 258 Dosen Bergelar Doktor

beritabernas.com – UII kini memiliki 258 dosen bergelar doktor atau 32,65 persen dari total 790 dosen UII saat ini. Hal ini menyusul penambahan 18 Doktor baru, baik lulusan perguruan tinggi ternama di luar negeri maupun di dalam negeri.

Ke-18 doktor baru dari berbagai fakultas dan berbagai latar belakang disiplin ilmu di UII tersebut diterima kembali secara resmi oleh Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD di Kampus Terpadu UII, Kamis 21 Desember 2023.

BACA JUGA:

Menurut Rektor UII Prof Fathul Wahid, dari 18 doktober baru tersebut, sebanyak 13 orang mendapat beasiswa dari luar UII, baik beasiswa penuh maupun parsial. Kemudian, ada 8 doktor baru yang lulus dari perguruan tinggi luar negeri yakni di Austria, Australia, Jepang, Taiwan dan Malaysia. Dari 18 doktor baru tersebut, 5 di antaranya adalah perempuan.

Dikatakan, saat ini masih ada 180 dosen UII yang sedang studi doktor, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Jika 180 dosen tersebut lulus semua, maka ada 438 dosen UII akan berpendidikan doktor atau 55,44 persen dari total 790 dosen UII.

Dosen FTI UII DR Agus Mansur (tengah) salah satu dari 18 doktor baru UII foto bersama Rektor UII Prof Fathul Wahid (kiri) dan Wakil Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Prof Alwar. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Rektor UII Prof Fathul Wahid mengatakan, kehadiran 18 doktor baru tersebut akan memperkuat UII untuk semakin meningkatkan kualitas dalam menjalankan misinya yakni pembelajaran, riset, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah islamiah.

Menurut Prof Fathul Wahid, pengalaman selama menjalani program doktor tentu akan membuat para doktor menjadi manusia baru. Pengalaman akademik lebih kaya, perspektif makin luas, horison pemikirantambah jauh dan diharapkan, sensivitasnya terhadap beragam masalah semakin tajam.

Rektor UII Prof Fathul Wahid menyampaikan sambutan pada penerimaan doktor baru UII, Kamis 21 Desember 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Untuk mencapai dan menguatkan itu semua, saya mengajak semua doktor untuk membuka diri berkolaborasi dengan dosen dan periset dari disiplin lain. Selain itu, menguatkan koneksi disiplin yang ditekuni dengan masalah nyata di lapangan, mengedukasi publik luas dengan konsep disipin yangditekuni dengan bahasa awan, meningkatkan kemampuan kepemimpinan dalam area yang sangat luas (ideasi, adaptasi, komunikasi, interpersonal, eksekusi, termasuk membiasakan diri melihat hutan dan tidaak hanya melihat satu pohon),” pesan Rektor UII Prof Fathul Wahid.

“Selamat kepada doktor baru, dengan iringan doa semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan tidak hanya bermanfaat untuk pribadi tetapi bisa terpancar luas untuk menyinari kampus dan khalayak yang lebih luas,”harap Rektor UII Prof Fathul Wahid. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *