Terkait Pemilu 2024, ASYB Menghormati Hak Demokrasi Individu Para Anggota

beritabernas.com – Sebagai organisasiyang cair, ASYB (Alumni SMA Yogyakarta Bersatu) tetap akan menghormati hak demokrasi individu para anggota. Pengurus dan Dewan harus tetap pada koridor terus menjaga Pancasila, keutuhan NKRI dan kebhinnekaan.

Sementara untuk menjaga conflict of interest, sebelum penentuan sikap organisasi, satu-satunya yang tidak diperbolehkan menunjukkan keberpihakan pribadi secara terbuka adalah Ketua Umum ASYB. Selain itu, Ketua Dewan Pakar ASYB Joseph Kristiadi selama sedang menjabat sebagai Anggota Dewan Etik Pemilu RI/ DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia) akan pasif secara fungsional terkait substansi materi hak pilih dalam Pemilu 2024.  

Ketua ASYB 2022-2025 Nana Je Justina. Foto: ASYB

Hal itu disampaikan Ketua Umum ASYB Nana Je Justina dalam pernyataan sikap ASYB dalam Pemilu 2024 yang juga disampaikan kepada beritabernas.com, Rabu 18 Oktober 2023.

Dalam pernyataan sikap dan keberpihakan dalam Pemilu 2024 yang juga ditandatangani Sekjen ASYB Bhayu Hendarta dan diketahui sejumlah anggota, Ketua Umum ASYB Nana Je Justina mengatakan, untuk merespon Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, ASYB sebagai organ taktis diharapkan terus dapat turut menjaga NKRI, Pancasila dan kebhinnekaan.

BACA JUGA:

Selain itu, sesuai rencana yang telah disampaikan dan disosialisasikan oleh Ketua Umum ASYB Nana Je Justina pada forum-forum ASYB tahun lalu bahwa pada waktu yang tepat ASYB akan tetap menjelaskan dan memberikan sikap resmi organisasi dalam rangka merespon Pemilu 2024.

Menurut Nana Je, penentuan sikap organisasi secara resmi akan dilakukan pada cara offline atau online dan penetapan keputusan sikap resmi ASYB akan dilakukan dengan terlebih dahulu saling mendengarkan aspirasi / hearing bersama narahubung resmi ASYB (maksimal 70 orang), pengurus ASYB dan Dewan ASYB.

Sementara waktu hearing akan di-udpate dengan melihat dinamika situasi setelah penutupan pendaftaran Capres-Cawapres, 26 Oktober 2023.

Ketua Umum ASYB Nana Je pun mengajak seluruh pengurus dan anggota ASYB agar terus saling menemani, saling mengingatkan dan saling menguatkan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *