Tingkat Hunian Kamar Hotel Diprediksi di Atas 80 Persen Selama Libur Idul Fitri

beritabernas.com – Pada liburan Idul Fitri tahun 2022 diprediksi DIY akan dibanjiri wisatawan baik wisatawan mudik lebaran maupun wisatawan yang memilih liburan Idul Fitri di Yogyakarta.

PHRI DIY mencatat reservasi kamar hotel terus bertambah. Diprediksi tingkat hunian kamar hotel akan mencapai di atas 80 persen selama liburan hari raya Idul Fitri 2022. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang mengizinkan warga untuk melakukan mudik lebaran tahun 2022 seiring dengan penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik dan berhasil.

Selain itu, menurut Sekretaris BPD PHRI DIY Herman Tony, harus diakui bahwa mayoritas warga sudah jenuh dan segera ingin merasakan kembali mudik lebaran atau menikmati liburan Idul Fitri setelah “dipenjara”di rumah selama 2 tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

“Usaha-usaha pariwisata dan usaha-usaha lainnya yang terkait tentu menyambut gembira berita tentang prediksi jutaan kunjungan wisatawan ke DIY tersebut. Namun semua pihak tentu tidak ingin berita gembira tersebut menjadi berita sebaliknya,” kata Herman Tony kepada beritabernas.com pada Selasa 20 April2022.

Karena itu, menurut Herman Tony, semua pihak terkait, entah swasta maupun pemerintah, harus mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing. “Semua persiapan tersebut menuju ke satu muara yang sama yakni wisatawan, siapapun dia, merasa aman dan nyaman selama berlibur di DIY,” katanya.

Dengan kata lain jangan terulang kembali keluhan wisatawan yang mencoreng citra pariwisata DIY seperti nuthuk harga, pasang tarif “aji mumpung”, melayani secara licik, tidak becus mengatur kelancaran lalulintas, informasi wisata yang tidak update, fasilitas umum untuk wisatawan tak terurus, fasilitas prokes tak berfungsi, penerapan prokes tidak konsisten dan lain-lain.

“Mari semua pihak entah pemerintah atau swasta di DIY bersama berupaya agar hal tersebut tidak lagi dialami oleh wisatawan selama mudik lebaran sekaligus libur hari raya Idul Fitri 2022 di DIY. Dengan demikian kita semua telah memperbaiki citra pariwisata Yogya setelah digempur berita negatif beruntun yang sungguh mencoreng citra pariwisata DIY. Semoga!” harap Herman Tony. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *