TPF Unsoed Kaji Revitalisasi Agrowisata Kaligua

beritabernas.com – Untuk merumuskan model dan program pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan growisata berbasis Community Based Tourism (CBT) dan kearifan lokal, Tim Peneliti Fundamental Universitas Jenderal Soedirman (TPF Unsoed) melakukan kajian revitalisasi di Agrowisata Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. 

TPF Unsoed tersebut terdiri 3 dosen dibantu 10 mahasiswa dari S dan S Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed. Ketiga dosen tersebut terdiri Dr Adhi Iman Sulaiman SIP M.Si dan Dr Masrukin S.Sos MSi, keduanya dari Fisip dan Dr Dindy Darmawati Putri SP MP dari Magister Agribisnis.

TPF Unsoed di Agrowisata Kaligua. Foto: Dok Unsoed

Menurut Ketua TPF Unsoed Unsoed Dr Adhi Iman Sulaiman SIP MSi yang ditemui di kampus Fisip Unsoed Purwokerto, Rabu 12 Juli 2023, melalui kajian ini akan dirumuskan model dan program pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan agrowisata berbasis Community Based Tourism (CBT) dan kearifan lokal. Dengan demikian, diharapkan masyarakat sekitar dan pengelola dapat meningkatkan manajemen pariwisata yang lebih baik, menarik dan unik, termasuk inovasi produk lokal dari pascapenen holtikultura dan minuman teh, juga manajemen promosi dan pemasaran secara digital.

BACA JUGA:

Dr Adhi Iman Sulaiman mengungkapkan, selama dua hari mulai Sabtu 8 Juli hingga Minggu 9 Juli2023, TPF Unsoed melakukan kajian revitalisasi di agrowisata kebun teh Kaligua. Proses kajian dimSlai dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 warga sekitar kebun teh yang menjadi pengelola, karyawan, pedagang, dan petani.

Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan dan potensi agrowisata Kaligua. Selain itu, TPF juga melakukan dialog dan diskusi dengan pemangku kepentingan agrowisata Kaligua, sambil observasi dan dokumentasi ke berbagai lokasi  di sekitarnya.

Agrowisata Kaligua. Foto: Dok Unsoed

Destinasi Unggulan

Menurut Dr Adhi Iman Sulaiman, sesungguhnya Agrowisata Kaligua bisa menjadi destinasi wisata unggulan yang tidak kalah menarik dibanding destinasi wisata modern seperti mall yang dibangun dari tembok beton dengan permainan ketangkasan dan spot foto menarik.

“Dengan tetap mengandalkan keaslian dan keindahan panorama alam yang ada dan mengadopsi destinasi wisata modern, kami optimis Kaligua menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik. Di sinilah perlu adanya kajian revitalisasi yang cermat,” ujar Adhi Iman. (prasetyo)

Dr Adhi Iman Sulaiman, Ketua TPF Unsoed

TPF Unsoed foto bersama (4 foto)

==


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *