UII Gelar Grand Launching Program Magister Teknik Lingkungan

beritabernas.com – UII melakukan grand launching Program Magister Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Rabu 23 November 2022. Acara peluncuran/ launching dilakukan di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof dr Sardjito Kampus Terpadu UII.

Menurut Ketua Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII Dr.Ing Awaluddin Nurwiyanto ST MT, sejak Prodi Teknik Lingkungan dibuka tahun 1999 hingga kini sudah memiliki seorang Guru Besar/Profesorr, 16 doktor dan 6 orang dosen yang sedang menempuh studi doktor.

Baca juga:

Dengan modal SDM tersebut, menurut Awal-sapaan Awaluddin Nurwiyanto-sudah cukup untuk membuka satu Program Studi Magister Teknik Lingkungan di FTSP UII.

Dikatakan, masalah lingkungan saat ini sudah sedemikian luar biasa. Untuk itu, dibutuhkan banyak profesional di bidang teknik lingkungan. Dan yang menjadi fokus Prodi Teknik Lingkungan UII ada dua, yakni menyediakan infrastruktur lingkungan yang layak seperti pengelolaan sampah, pengolahan air limbah menjadi air minum seperti itu.

Ketua Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII Dr-Ing Awaluddin Nurwiyanto ST MT. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Kedua, menjadikan konsentrasi manajemen lingkungan bagaimana bisa mengelola, mengendalikan pencemaran atau bagaimana melakukan analisis risiko terhadap pencemaran lingkungan sehingga diharapkan kekhasan dari kita dalam perancangan teknologi lingkungan atau rekayasa lingkungan adalah berbasis risiko.

Dengan demikian teknologi ataupun sistem yang dirancang lebih adaptif terhadap kondisi dan menyesuaikan dengan risiko yang terjadi di lingkungan.

Sampai saat ini pada semester ganjil Program Magister Teknik Lingkungan FTSP UII sudah menerima mahasiswa sebanyak 13 orang. Prodi ini bisa menerima mahasiswa dari latar belakang teknik, teknik sipil, teknik lingkungan atau teknik kimia serta teknik-teknik yang lain untuk rekayasa infrastruktur maupun manajemen dari sisi sosial.

Tari Ratu Jaru dari Safira Unisi memeriahkan acara grand launching Program Magister Teknik Lingkungan UII. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sehingga bagi mereka yang berlatar belakang sosial yang ingin melanjutkan studi di Program Magister Teknik Lingkungan harus mengikuti matrikulasi dan akan diarahkan ke manajemen lingkungan bukan di rekayasa teknologinya.

Acara grand launching Program Magister Teknik Lingkungan UII dengan tema Imaji Pengelolaan Lingkungan Menuju 100 Tahun Indonesia menghadirkan pembicara Prof Ir Joni Hermana dari ITS, Prof Dr Ir Enri Damanhuri dari ITB dan Prof Dr-Ing Ir Widodo Brontowiyono MSc dari FTSP UII. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *