Wisuda 619 Purnasiwa, 92 Persen Lulusan SMKN 3 Yogyakarta Sudah Memiliki Rencana Pilihan Karir

beritabernas.com – SMKN 3 Yogyakarta melepas 619 siswa/siswi yang sudah lulus atau purnasiswa pada Tahun Pelajaran 2023/2024 di Hall Gatotkaca SMK Negeri 3 Yogyakarta, Sabtu, 18 Mei 2024.

Para siswa/siswi yang dilepas tersebut berasal dari 8 konsentrasi keahlian di SMK Negeri 3 Yogyakarta yaitu Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Kelistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Konstruksi dan Properti, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, serta Broadcasting dan Perfilman.

BACA JUGA:

Dari 619 siswa yang dilepas tersebut, jumlah lulusan terbanyak ada di konsentrasi keahlian Teknik Mesin sejumlah 127 siswa dan lulusan paling sedikit ada di konsentrasi keahlian Teknik Konstruksi dan Properti sejumlah 27 siswa.

Menurut Kepala SMK Negeri 3 Yogyakarta Widada SPd MPd pelepasan purnasiswa merupakan kegiatan seremonial di sekolah sebagai penanda waktu bahwa status siswa telah menjadi alumni sekaligus menjadi momen serah terima tanggungjawab dari pihak sekolah kepada orang tua siswa.

Orangtua dan siswa dengan prestasi terbaik foto bersama pimpinan dan Komite Sekolah SMKN 3 Yogyakarta. Foto: Humas SMKN 3 Yogyakarta

Widada mengungkapkan, di antara 619 siswa yang dilepas oleh pihak sekolah kepada orangtua ada yang sudah bekerja, sudah diterima di perguruan tinggi dan sudah memulai menjadi wirausaha, baik yang sesuai dengan kompetensinya maupun yang tidak sesuai.

“Saya sampaikan apresiasi kepada ananda yang tercatat dalam tracer study sudah diterima bekerja sesuai dengan kompetensi yang ananda miliki dan dapatkan dari SMK Negeri 3 Yogyakarta. Selamat juga kepada ananda yang sudah diterima perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bagi ananda yang ingin melanjutkan belajar, mudah-mudahan semakin berprestasi di perguruan tinggi. Secara khusus, saya sampaikan apresiasi kepada ananda yang sudah tercatat telah memulai wirausaha berbekal kompetensi yang sudah didapatkan,” kata Widada.

Dikatakan, berdasarkan data tracer study atau penelusuran kondisi siswa kelas XII yang didapatkan oleh Tim Tracer Study Humas SMK Negeri 3 Yogyakarta sejak 1 Mei hingga 15 Mei 2024, sebanyak 92% lulusan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dilepas tahun ini sudah memiliki pilihan karir. Di antara mereka ada yang sudah diterima bekerja, sudah diterima di perguruan tinggi, sudah memiliki usaha, sedang mencari pekerjaan, sedang mendaftar kuliah dan sedang merancang usaha.

Siswa memakai samir dan menerima surat keterangan kelulusan dalam acara pelepasan Purnasiswa SMKN 3 Yogyakarta, Sabtu 18 Mei 2024. Foto: Humas SMKN 3 Yogyakarta

“Berdasarkan data yang kami kumpulkan, ada 92% siswa sudah memiliki rencana pilihan karir. Sebanyak 42,7% dari siswa tersebut sudah memilih akan bekerja dan siswa yang mau membuat usaha tergolong masih sedikit yaitu 3,4%,” kata Faiz Mudhokhi, Wakil Kepala Sekolah urusan Humas dan Industri SMKN 3 Yogyakarta.

Berkaitan dengan pilihan karir sebagai wirausahawan, Widada menambahkan bahwa Gubernur DIY setiap tahun selalu mengadakan program wisuda bagi wirausahawan dari lulusan SMK.

“Bagi lulusan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang sudah berhasil membuat usaha setelah ini, diminta untuk melaporkan kondisi dirinya ke sekolah untuk dapat diajukan diwisuda sebagai wirausahawan lulusan SMK oleh Gubernur DIY,” kata Widada. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *