SMKN 3 Yogyakarta Gandeng BTKP DIY Adakan Pelatihan Canva for Education

beritabernas.com – Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam media pembelajaran, SMKN 3 Yogyakarta menggandeng Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY mengadakan pelatihan canva for education.

Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Yudhistira SMKN 3 Yogyakarta, mulai hari Senin sampai dengan
Selasa, 29-30 April 2024 ini merupakan pelatihan media pembelajaran lanjutan yang pernah
dilakukan namun belum dapat mencakup semua guru.

Menurut Widada SPd MPd, Kepala SMKN 3 Yogyakarta, seperti dikutip Faiz Mudhokhi, Waka Humas SMKN 3 Yogyakarta dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Senin 29 April 2024, kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi guru, khususnyadalam pembuatan media pembelajaran. Karena itu, ia sangat mendukung kegiatan ini maupun kegiatan lain sejenisnya.

Para guru SMKN 3 Yogyakarta mengikuti pelatihan canva for education. Foto: Humas SMKN 3 Yogyakarta.

“Saya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini, baik secara regulasi maupun administrasi. Saya juga mendukung kegiatan pengembangan kompetensi guru lainnya seperti magang di industri atau bekerjasama dengan pihak lain dalam mengadakan kegiatan pengembangan kompetensi selanjutnya”, kata Widada.

Pada pelatihan ini BTKP DIY mengutus narasumber ahli untuk memberikan pelatihan dan mendampingi para guru agar mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan diri memanfaatkan aplikasi canva serta dapat mewujudkan kegiatan pemanfaatan akun belajar.id yang telah didapat dari pemerintah yang saat ini sudah terintegrasi dengan program Canva for Education.

BACA JUGA:

“Meningkatnya pengetahuan dan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran akan berimbas pada meningkatnya kualitas pembelajaran yang berarti kualitas lulusan akan semakin baik,” tambah Widada.

35 guru

Menurut Faiz Mudhokhi, Waka Humas SMKN 3 Yogyakarta, pelatihan pemanfaatan Canva for Education kali ini memfasilitasi 35 guru dari berbagai bidang mata pelajaran. Diharapkan peserta dapat menyelesaikan semua proses pelatihan hingga praktek dalam membuat media pembelajaran dengan aplikasi canva yang bervariasi.

Suasana pelatihan canva for education di SMKN 3 Yogyakarta. Foto: Humas SMKN 3 Yogyakarta.

Selain itu dengan adanya kegiatan ini guru dapat mengembangkan kompetensi dalammembuat media pembelajaran bebasis IT yang menarik. Sehingga transformasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta dapat terwujud.

Dikatakan, kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik akan mempengaruhi proses penerimaan materi oleh siswa, salah satu pendukung kemampuan tersebut adalah guru harus memiliki kompetensi pembuatan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan canva merupakan salah satu media tersebut.

SMK Negeri 3 Yogyakarta sebagai salah satu sekolah dengan jumlah siswa kurang lebih 60 kelas dan jumlah guru 130 orang, berharap agar semua guru mempunyai kompetensi dalam memberikan materi pembelajaran yang berdiferensiasi sehingga proses pembelajaran yang dilakukan terasa lebih menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan murid. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *