Yayuk Basuki, Srikandi Olahraga Indonesia Asal Yogyakarta Patut Didukung

beritabernas.com – Keputusan Yayuk Basuki, mantan atlet putri tenis profesional Indonesia, patut diapresiasi dan didukung. Selain karena tidak banyak mantan atlet profesional Indonesia yang mau terjun ke dunia politik, keputusan Yayuk Basuki terjun ke dunia politik menunjukkan ia memiliki kepedulian terhadap dunia politik.

BACA JUGA:

“Yayuk Basuki seorang mantan atlet tenis putri profesional Indonesia yang pernah menjuarai berbagai event nasional maupun internasional. Ia merupakan srikandi olahraga Indonesia yang berasal dari kalangan bawah atau sederhana yang merangkak dari bawah hingga bisa menjadi seperti sekarang,” kata Elisabeth Setyaningsih, Bendahara FMKI (Forum Masyarakat Katolik Indonesia) DIY ketika dihubungi beritabernas.com, Rabu 31 Januari 2024.

Elisabeth Setyaningsih yang akrab disapa Mbak Elis ini mengatakan, dengan keberanian Yayuk Basuki menjadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY diharapkan akan mendorong mantan atlet berprestasi lainnya untuk terjun ke dunia politik.

Elisabeth Setyaningsih. Foto: Dok pribadi

Dengan demikian, menurut Mbak Elis yang juga Caleg DPRD Sleman dari PDI Perjuangan Dapil Depok dan Berbah ini, para mantan atlet berprestasi yang duduk di DPR RI tersebut akan bersama-sama berjuang untuk membangun olahraga Indonesia melalui UU terkait olahraga.

“Selama ini banyak politisi yang berasal dari latar belakang ekonomi, sementara sangat sedikit yang berlatar belakang atlet. Dengan majunya Yayuk Basuki ke politik diharapkan semakin banyak mantan atlet profesional yang terjun ke politik,” kata Mbak Elis.

Menurut Mbak Elis, majunya Yayuk Basuki sebagai Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan Dapil DIY bukan sekadar untuk memenuhi kuota 30 persen perempuan tapi benar-benar karena dia memiliki prestasi, baik nasional maupun internasional.

Karena itu, ketika nanti terpilih menjadi Anggota DPR RI pada Pemilu 2024, Yayuk Basuki diharapkan bisa mengembangkan olahraga di Indonesia, tidak hanya olahraga tenis tapi semua cabang olahraga.

Yayuk Basuki (depan/ topi putih) ikut senam massal. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Mbak Elis juga melihat selama ini banyak mantan atlet profesional ora kopen atau tidak diperhatikan. Sehingga bila nanti Yayuk Basuki menjadi Anggota DPR RI diharapkan akan memperhatikan mantan atlet-atlet profesional yang kurang mendapat perhatian setelah pensiun.

Seperti diketahui, Yayuk Basuki yang berasal dari Yogyakarta maju menjadi Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan nomor urut 3 Dapil DIY. Sebelumnya, pada periode 2014-2019, Yayuk Basuki menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah.

Yayuk Basuki merupakan mantan atlet tenis putri profesional Indonesia yang pernah meraih prestasi gemilang dengan menempati peringkat atau rangking 19 dunia, suatu prestasi yang tidak dimiliki atlet tenis Indonesia lainnya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *