95 Tahun PKBTS, Antara Idealita dan Realita

beritabernas.com – Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS) genap berusia 95 tahun pada 13 April 2024. Namun, peringatan ulang tahun PKBTS ini baru dilakukan pada Sabtu 20 April 2024.

Peringatan HUT ke-95 PKBTS ini selain ditandai dengan pemotongan tumpeng juga dilakukan peluncuran buku sejarah perjalanan buk berjudul PKBTS dari Masa Ke Masa: Antara Idealita dan Realita. Peluncuran buku dilakukan oleh Ketua Umum PP PKBTS Ki Dr drh HM Munawaroh MM disaksikan oleh Panitera Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPT) Dr Ki Saur Panjaitan mewakili Ketua Umum MLPT Prof Ki Sri-Edi Swasono, Rektor UST Prof Drs Ki H Pardimin PhD MPd dan jajaran pengurus PP PKBTS serta Cabang-cabang Perguruan Tamansiswa, Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang PKBTS, Pamong/Guru Sekolah dan Perguruan Tinggi Tamansiswa, Alumni Tamansiswa dan masyarakat umum pecinta Tamansiswa.

BACA JUGA:

Buku PKBTS Dari Masa Ke Masa: Antara Idealita dan Realita yang diluncurkan pada peringatan ulang tahun ke-95 PKBTS pada 2024 ini berisi sejarah perjalanan panjang PKBTS yang berdiri pada 13 April 1929 dengan nama PBMTS (Persatuan Bekas Murid Tamansiswa).

Menurut Ketua Umum PP PKBTS Munawaroh, penyusunan buku sejarah PKBTS sangat penting agar masyarakat atau siapa pun tahu bagaimana peran PKBTS sejak berdiri hingga sekarang.

Ketua Umum PP PKBTS Ki Dr drh HM Munawaroh MM (tengah/jas hijau) memotong tumpeng HUT ke-95 PKBTS di Kampus FE UST Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Sabtu 20 April 2024. Foto: tangkapan layar YouTube Jayadi Kastari

Dikatakan, tujuan PKBTS tidak berbeda jauh dengan tujuan berdirinya Tamansiswa. Sebagai perkumpulan para alumni Tamansiswa, PKBTS memiliki kepedulian dan tanggungjawab untuk ikut membawa Tamansiswa lebih baik dan lebih maju.

Pada acara peringatan HUT ke-95 PKBTS yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) itu, Ketua Umum PP PKBTS Ki Dr drh HM Munawaroh mengaku sangat bersyukur karena PKBTS masih eksis hingga saat ini.

Ia mengajak seluruh warga Tamansiswa maupun para pecinta Tamansiswa dan masyarakat umum untuk membaca buku tersebut agar mengetahui sejarah perjuangan dan perjalanan PKBTS hingga sekarang. Dalam perjalanan panjang itu, banyak tantangan yang dilewati PKBTS dan tantangan tersebut bisa diatasi/ dilewati meski tidak selalu dengan mudah. Namun, satu hal yang patut disyukuri adalah PKBTS tetap esksis hingga saat ini.

Ketua Umum PP PKBTS Ki Dr drh HM Munawaroh MM (tengah/jas hijau) bersama peserta lain memegang buku 95 Tahun PKBTs pada acara peringatan HUT ke-95 PKBTS di Kampus FE UST Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Sabtu 20 April 2024. Foto: tangkapan layar YouTube Jayadi Kastari

Sementara Ketua Panitia Peringatan HUT ke-95 PKBTS Nyi Nurani Widyastuti mengatakan, acara peringatan HUT ke-95 PKBTS selain diisi dengan peluncuran buku PKBTS juga sekaligus acara Syawalan untuk mempererat rasa kekeluargaan di antara keluarga besar Tamansiswa sehingga dapat memperkuat rasa kecintaan pada Tamansiswa sebagai Perguruan Pendidikan Nasional Indonesia yang pertama.

Peringatan HUT ke-95 PKBTS ini juga dirayakan oleh PKBTS Daerah dan Cabang di seluruh Indonesia dengan berbagai aneka kegiatan. Acara dilakukan secara luring dari Gedung Fakultas Ekonomi
UST Jalan Kusumanegara Yogyakarta dan daring melalui zoom meeting. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *