DPP Asosiasi Museum Indonesia Gelar Pertemuan Museum se-Indonesia di Bali

beritabernas.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP Asosiasi Museum Indonesia (AMI) menggelar Pertemuam Museum se-Indonesia (PMI) di Kuta, Bali, 4-6 Juni 2022. Pertemuan dilakukan untuk merumuskan berbagai inovasi pengelolaan museum pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, pertemuan DPP Asosisi Museum Indonesia tersebut untuk menggaungkan terus kesadaran dan semangat cinta museum sehingga generasi muda mengerti, merasakan dan memahami nilai-nilai warisan budaya bangsa Indonesia.

Menurut Ketua II DPP Asosiasi Museum Indonesia yang juga Ketua Panitia Yiyok Trio Herlambang, pertemuan dengan tema AMI Melangkah Maju Untuk Penguatan Kebudayaan Bangsa dan Peradaban Dunia itu dihadiri 189 peserta. Mereka antara lain para Kepala Dinas Kebudayaan, Ketua AMIDA dan Kepala/Utusan Museum dari Sumatera Utara sampai Papua.

Pemukulan kentongan menandai pembukaan pertemuan museum se-Indonesia di Kuta, Bali. Foto: Istimewa

Dalam pertemuan itu menghadirkan narasumber Wakil Ketua dan Anggota Komisi X DPR RI Dede Yusuf dan Ferdiansyah, Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbud Irini Dewi Wanti, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf Alexander Reyaan serta sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Permuseum Indonesia oleh Ketua II AMI dan Dinamika & Tantangan AMI oleh Ketua I AMI Ki Bambang Widodo.

Menurut Yiyok, Pertemuan Museum se-Indonesia ( PMI) dibuka secara resmi oleh Ketua Umum AMI Putu Supadma Rudana bersama 6 Ketua AMIDA dan Dewan Penyantun AMI. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan.

Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo (kiri( menerima Sertifikat Keanggotaan AMI untuk Museum Karaton Yogyakarta. Foto: Istimewa

Ketua Umum AMI Putu Supadma Rudana mengatakan, koleksi museum di Indonesia dapat mencerminkan sekaligus mengapresiasi kekayaan dalam bidang ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan bangsa.

Dikatakan, pemimpin harus memiliki karakter dan semangat yang tulus, penuh pengabdian kepada bangsa dan negara, paham tentang ke-Indonesia-an dengan segala kebhinnekaan dan kemuliaan kearifan lokalnya.

Putu Supadma Rudana yang juga Anggota Komisi VI DPR RI itu mengajak jajaran permuseuman untuk memperjuangkan dan mewujudkan cita-cita mulia permuseuman Indonesia Sapta Karsa yaitu mendorong terwujudnya UU Permuseuman Indonesia; mendorong terwujudnya Badan Permuseuman Indonesia; mendorong peningkatan SDM Pengelola Museum; membentuk LSP Permuseuman Indonesia; mengawal penganggaran yang komprehensif, mengawal kelembagaan museum di Indonesia secara menyeluruh serta menggaungkan kembali Gerakan Nasional Cinta Museum.

Acara penutupan berlangsung di Museum Rudana, Badung, Bali, ditandai dengan penyerahan Sertifikat Keanggotaan AMI kepada semua Museum Anggota AMI secara simbolis oleh Ketua Umum AMI kepada 19 orang Ketua AMIDA se-Indonesia. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *