Dr Raden Stevanus: Pemerintah Perlu Hadir dalam Ekosistem Industri Kreatif Otomotif

beritabernas.com – Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM mengapresiasi panitia dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan event Kustomfest 2024 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, pada 5-6 Oktober 2024.

Sebab, menurut Dr Raden Stevanus, event tahunan yang menyedot ribuan pencinta dunia kustom ini tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari mancanegara. Ajang Kustomfest bukan hanya menjadi barometer kustom di Tanah Air, namun juga menarik minat automotive enthusiast dari luar negeri.

“Jogja saat ini sebagai pusatnya industri kreatif. Pusatnya event kustom yang tidak hanya dikenal di Indonesia tapi juga di dunia internasional. Indonesia dalam hal ini Jogja telah menjadi rumah bagi industri kustom yang berkembang pesat. Sehingga ada istilah yang muncul di antara pencinta otomotif bahwa Kustomfest adalah ‘Lebarannya anak kustomkata kata politisi muda DIY ini.

Beberapa kendaraan yang ditampilkan dalam event Kustomfest 2024 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, pada 5-6 Oktober 2024. Foto: Istimewa

Dikatakan, ekosistem kustom di Yogyakarta dan nasional memiliki potensi yang sangat luar biasa. Pelaku ekosistem kustom menjadi industri kreatif dari berbagai kalangan level usaha, mencakup modifikasi kendaraan, pembuatan motor dan mobil kustom serta berbagai produk aksesoris otomotif yang unik. Pelaku UMKM, usaha kecil dan menengah di sektor ini telah mengubah banyak kendaraan menjadi karya seni bergerak yang unik.

“Semoga kita tidak hanya menjadi penonton tapi sudah seharusnya menjadi bagian yang bergerak memajukan semua pihak yang terlibat dalam ekosistem ini, baik yang terlibat langsung maupun tidak,” harap Dr Raden Stevanus seraya menambahkan bahwa ia mendukung penuh dan berharap pemerintah pusat membantu memberikan perlindungan yang jelas melalui regulasi yang tepat bagi penggiat otomotif lokal.

Menurut Dr Raden Stevanus yang untuk kedua periode (2019-2024 dan 2024-2029) menjadi Anggota DPRD DIY ini, pemerintah pusat maupun daerah perlu memainkan peran penting dalam mendukung UKM dan UMKM di sektor kreatif, terutama dalam industri otomotif, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

BACA JUGA:

Dengan menyediakan dukungan seperti regulasi, akses pembiayaan dan pelatihan keterampilan, pemerintah dapat membantu pelaku usaha kecil meningkatkan kapasitas produksi dan inovasi. Upaya ini tidak hanya berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan memperkuat ekonomi lokal serta membangun ekosistem industri kreatif.

Melalui kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri dan komunitas kreatif, menurut Dr Raden Sevanus, ekosistem otomotif di Indonesia akan berkembang, meningkatkan daya saing global dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat.

“Dukungan dari pemerintah sangat vital untuk menciptakan suasana yang mendukung inovasi dan kreativitas, sehingga industri kreatif dapat tumbuh dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan,” kata Dr Raden Stevanus

Lebarannnya anak kustom

Kustomfest 2024 yang digelar di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta pada 5-6 Oktober 2024 telah selesai. Acara yang sering disebut sebagai “Lebarannya anak kustom” ini menyajikan berbagai kegiatan menarik, termasuk lucky draw yang sangat dinantikan pengunjung.

Salah satu kendaraan yang ditampilkan dalam event Kustomfest 2024 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, pada 5-6 Oktober 2024. Foto: Istimewa

Pada tahun ini, lebih dari 50 booth otomotif dan merchandise Kostomfest yang meramaikan ajang “lebaran” bagi pegiat otomotif. Dari 50-an booth itu, ada sekitar 20-an tamu internasional yang hadir seperti dari Jepang, Malaysia dan Thailand, seperti Mooneyes milik Shige Suganuma.

Dalam Kustomfest 2024, pengunjung disuguhkan berbagai program, seperti Harley-Davidson Custom Kings Asia, XSR155 Custom Challenge!, Honda Dream Ride Project, The Cruise Culture, kolaborasi Royal Enfield Super Meteor 650 X AMS Garage, dan kolaborasi KUSTOMFEST x FREEFLOW KUSTOM.

Selain itu, acara ini juga menampilkan Kustom Journey “Traditional Pinstripe Exhibition,” Local Crafter dengan Rollie Monkie, Kustom Paint Battle yang bekerja sama dengan Samurai Kuroboshi Airbrush serta balapan flat track bersama Toshiyuki Cheetah Osawa dan Masa Komazaki dari Jepang. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *