Aktor Penanggulangan Bencana Mengadakan Demo Day dan Simposium IDEAKSI

beritabernas.com – Aktor penanggulangan bencana, termasuk lembaga kemanusiaan seperti YAKKUM Emergency Unit (YEU) dan institusi pendidikan seperti Fakultas Psikologi UGM mengadakan Demo Day dan Simposium IDEAKSI di Hall D Psikologi UGM, Sabtu 7 Oktober 2023.

Selain untuk memperkuat ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi dan kolaborasi penanggulangan bencana.

Kegiatan yang menghadirkan bermacam elemen masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholders) ini mendapat sambutan hangat dari lembaga mitra di luar negeri, seperti the Asian Disaster Reduction and Response Network (ADRRN) dan Elrha.

Direktur YAKKUM Emergency Unit Debora Dian Utami Nugraheni SIP saat memaparkan materi dalam acara Demo Day dan Simposium IDEAKSI. Foto: Istimewa

Wakil Dekan Fakultas Psikologi UGM dan Direktur YEU menyambut para peserta Demo Day dan Simposium. Acara ini dibuka langsung oleh Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr Raditya Jati S.Si MSi.

Menurut Raditya, penanggulangan bencana tidak hanya melakukan pemberdayaan multipihak melalui manajemen risiko bencana berbasis masyarakat (Community-Based Disaster Risk Management/CBDRM), tapi juga memperkuat modalitas sosial.

“Yang perlu kita lestarikan dan yang membedakan kita dari negara-negara lain adalah modalitas sosial yang kita punya. Kita selalu membangun semangat gotong royong, tidak hanya saat terjadi bencana, tapi sebelum terjadi bencana kita siap melakukan simulasi, gerakan, pelestarian lingkungan supaya tidak terjadi bencana,” kata Raditya.

BACA JUGA:

Demo Day dan Simposium IDEAKSI menjadi ruang bertukar pengetahuan dan pembelajaran antarpeserta (inovator dan audiens). Peserta dapat mencari calon kolaborator, mentor, rekan atau investor sehingga acara ini merupakan lingkungan yang kondusif untuk menjalin hubungan bermakna yang dapat mengarah pada kemitraan dan ruang untuk ekosistem pendukung yang memupuk dan mempercepat realisasi ide-ide inovatif.

Acara yang berlangsung di kampus terkemuka di Indonesia ini dihadiri 150 partisipan, termasuk dari organisasi masyarakat sipil, pelaku usaha, perwakilan media dan pemerintah daerah termasuk dinas-dinas terkait. Selain dari DIY, juga hadir pula secara daring lebih dari 50 peserta dari seluruh Indonesia.

Sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, peserta menikmati tiga acara sekaligus dalam satu rangkaian, yaitu demo day, simposium dan pameran. Ketiga acara tersebut menyajikan ragam informasi bertema kebencanaan, inklusi dan kearifan lokal.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Dr Raditya Jati S.Si MSi. Foto: Istimewa

YAKKUM Emergency Unit (YEU) merupakan salah satu unit kerja YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum) dengan mandat utama melakukan tanggap darurat bencana dan inisiatif kesiapsiagaan komunitas secara inklusif.

YEU melakukan intervensi berbasis masyarakat sehingga partisipasi masyarakat didorong dalam semua aspek. Sejak 2001 hingga saat ini, YEU telah melakukan pelayanan kemanusiaan di lebih dari 400 desa dan bermitra dengan lebih dari 350 organisasi berbasis masyarakat di seluruh Indonesia. YEU aktif berjejaring dengan aktor-aktor penanggulangan bencana, pemerintahan setempat dan beragam organisasi, baik di Indonesia maupun luar negeri. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *