BKS PTIS Gelar Rapat Kerja Nasional di Universitas Islam Riau pada 17-18 November 2023

beritabernas.com –Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKS PTIS) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru pada 17-18 November 2023. Menurut rencana Rakernas akan dihadiri Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI yang juga Ketua Dewan Penasehat BKSPTISDr. (HC) HM Jusuf Kalla.

Rakernas BKS PTIS yang mengusung tema Membangun Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri dan Mendunia ini akan dihadiri oleh para pengurus BKS PTIS dan pengelola PTS Islam se-Indonesia.

Menurut Hangga Fathana S.IP B.Int.St MA, Sekretaris BKS PTIS, dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Kamis 16 November 2023, HM Jusuf Kalla akan menyampaikan pidato inspiratif dengan tema Seni Berbisnis Jusuf Kalla: Memadukan Spiritualitas, Profesionalitas dan Kearifan Lokal.

Materi yang disampaikan HM Jusuf Kalla akan menjadi bahan refleksi bersama bagi para pemangku kebijakan di Perguruan Tinggi Swasta Islam (PTIS) masing-masing. Dalam memadukan kinerja PTS Islam diperlukan pendekatan lain sehingga aktifitas akademis tetap berlangsung dalam kurun waktu yang panjang. Dalam hal ini, Jusuf Kalla akan bertindak sebagai Ketua Dewan Penasehat yang melantik langsung Pengurus BKSPTIS Masa Amanah 2023-2027.

BACA JUGA :

Menurut Hangga, pemerintah hadir melalui Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek RI Dr Lukman ST M.Hum dengan menyampaikan pidato inspiratif dengan Kebijakan Pendidikan Tinggi Indonesia. Tema ini akan memberikan gambaran terkait pembaharuan informasi pada sisi strategis kebijakan perguruan tinggi di Indonesia.

Rakernas juga akan diisi dengan bedah buku Peta Jalan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia karya Zaenal Muttaqin. Hadir sebagai Pembedah Prof Dr H Mudzakkir Ali MA dan Prof Dr Ir H Musliar Kasim MS. Buku yang merupakan hasil riset ilmiah Prof Fathul Wahid ST MSc PhD dan tim LP3ES ini memaparkan gambaran roadmap PTS Islam di Indonesia. Buku ini diharapkan menjadi rujukan bagi para Rektor maupun Ketua Yayasan yang menaungi PTS Islam masing-masing.

Provinsi Riau melalui Plt Gubernur Riau Brigjen (Purn) Edy Natar Nasution SIP sebagai tuan rumah turut memberikan dukungan dan fasilitas kepada seluruh rombongan peserta melalui jamuan makan malam di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau. Rangkaian Rakernas akan diisi pemaparan Kebijakan Umum dan Penjaringan Aspirasi oleh Ketua Umum BKS PTIS Prof Fathul Wahid yang juga Rektor UII dan Sekretaris Umum Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL.

Sidang komisi (Paralel) Komisi 1 bidang Akademik, Organisasi dan Kelembagaan, Komisi 2 bidang Kemahasiswaan dan Nilai-Nilai Keislaman, Komisi 3 bidang Kerja Sama, Pendanaan dan Alumni, dan Komisi 4 bidang Perumusan Naskah Seruan Moral. Kegiatan ditutup dengan Sidang Pleno Laporan per komisi dan Pembacaan naskah seruan moral.

Selain pengurus Harian BKS PTIS, seluruhan kegiatan rakernas turut dihadiri Ketua Dewan Pembina BKS PTIS Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA, Ketua Umum BKSPTIS Prof Fathul Wahid, Sekretaris Umum BKS PTIS sekaligus Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL dan Pimpinan PTIS se-Indonesia. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *