Dorong Edukasi dan Literasi Keuangan, OJK DIY Siapkan Mobil SiMOLEK Edutainment

beritabernas.com – Untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan pada masyarakat, OJK (Otoritas Jasa Kuangan) DIY menyediakan mobil SiMOLEK (Sarana Informasi Mobil Literasi dan Edukasi Keuangan) Edutainment. Mobil tersebut bisa digunakan oleh lembaga industri jasa keuangan secara gratis.

Pengenalan mobil SiMOLEK Edutainment dilakukan pada acara coffee morning bersama para pimpinan industri jasa keuangan dan media massa di DIY Kantor OJK DIY, pada Jumat, 11 November 2022.

Menurut Pricilla, Staf OJK DIY, mobil SiMOLEK Edutainment diluncurkan untuk menindaklanjuti salah satu arahan Presiden Joko dalam Rakornas TPAKD bahwa OJK perlu meningkatkan literasi keuangan melalui sosialisasi dan edukasi keuangan yang inovatif, termasuk melalui seni dan budaya yang sesuai dengan karakter kekinian dan kelompok sasaran.

Para pimpinan industri jasa keuangan DIY foto bersama pada acara coffee morning di Kantor OJK DIY, Jumat, 11 November 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Untuk itu, diperlukan terobosan baru berupa Edutainment, yaitu mengkombinasikan kegiatan literasi dan edukasi keuangan dengan penyediaan hiburan kepada masyarakat bekerja sama dengan kelompok seni budaya setempat. Salah satu caranya adalah melalui pemanfaatan kendaraan SiMOLEK ini.

“Tujuannya adalah mengakselerasi program edukasi keuangan, khususnya bagi masyarakat yang belum memiliki tingkat literasi yang baik. Selain itu, untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, termasuk di DIY,” kata Pricilla.

Pricilla (kiri) menjelaskan fungsi, cara dan tujuan penggunaan mobil SiMOLEK Edutainment. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Menuru Pricill, SiMOLEK Edutainment merupakan mobil literasi yang dilengkapi dengan infrastruktur yang memungkinkan diselenggarakannya edukasi keuangan yang dapat dikombinasikan dengan penyediaan hiburan kepada masyarakat.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai literasi keuangan dan memberikan pengetahuan terkait produk dan layanan jasa keuangan termasuk karakteristiknya antara lain manfaat, biaya, risiko, hak dan kewajiban konsumen. Selain itu, untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan jasa keuangan.

Dikatakan, lokasi edukasi keuangan diutamakan dilaksanakan di tempat yang dapat dijangkau dalam satu hari kerja perjalanan darat. Apabila tidak dapat dijangkau dalam satu hari kerja perjalanan darat, maka SiMOLEK Edutainment diparkir di lokasi kantor pemerintahan (kelurahan atau kecamatan) atau Kantor Lembaga Jasa Keuangan (LJK) terdekat.

Mobil SiMOLEK Edutainment diparkir di depan Kantor OJK DIY, Jumat 11 November 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Kendaraan SiMOLEK Edutainment dilarang diparkir di lokasi yang dapat berdampak pada risiko reputasi bagi OJK,” kata Pricilla.

Menurut Pricilla, materi edukasi tidak diperbolehkan memuat unsur Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), politik, kekerasan, pornografi, dan mendiskreditkan suatu perusahaan atau institusi lain. Selain itu, produk dan layanan jasa keuangan termasuk karakteristiknya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *