Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, SMK Negeri 3 Yogyakarta Shodaqoh Tanaman

beritabernas.com – Untuk memperingati Hari Keanekaragaman Hayati se-Dunia pada 22 Mei 2024, SMK Negeri 3 Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan bersih lingkungan sungai sekeliling luar bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta hingga Gerakan Shodaqoh Seribu Tanaman berupa tanama hias yang ditanam di lingkungan sekolah dan menanam mangrove didaerah pantai.

Kegiatan tersebut dilakukan di Pantai Baros, Kapanewon Kretek Kabupaten Bantul, Senin 20 Mei 2024. Dalam kegiatan itu, puluhan warga SMK Negeri 3 Yogyakarta yang terdiri dari guru, karyawan dan siswa melakukan penanaman dan belajar tentang mangrove.

Guru dan siswa SMKN 3 Yogyakarta saling membantu menanam pohon mangrove. Foto: Humas SMKN 3 Yogyakarta

Betti Sri Purwani SPd M.Eng, Wakil Kepala Sekolah urusan Sarana dan Prasarana SMK Negeri 3 Yogyakarta, mengatakan, pemilihan penanaman mangrove di Pantai Baros menjadi puncak kegiatan memperingati Hari Keanekaragaman Hayati se-Dunia oleh SMK Negeri 3 Yogyakarta karena sebagai media edukasi pengalaman langsung berkaitan dengan mangrove.

“Dengan bekerjasama Komunitas Mangrove Lestari, kami belajar tentang fungsi mangrove dan pentingnya kita menjaga pantai di Pulau Jawa ini agar terlindungi dari abrasi,” kata Betti.

Selain sebagai edukasi, pemilihan pantai dianggap sebagai salah satu kekayaan alam provinsi DIY yang harus dilindungi dari abrasi. Dengan turut menjaga alam tersebut, maka juga dapat membantu ekosistem alam di sana tetap lestari sekaligus untuk membantu petani-petani yang berada di dekat pantai dapat produktif.

BACA JUGA:

“Dengan turut berkontribusi dalam penanaman mangrove, maka diharapkan warga SMK Negeri 3 Yogyakarta menjadi semakin peduli dengan lingkungan khususnya lingkungan pantai,” harap Betti.

Kegiatan memperingati Hari Keanekaragaman Hayati se-Dunia ini juga menjadi salah satu bagian dari Program Sekolah Adiwiyata yang menunjukan SMK Negeri 3 Yogyakarta sebagai sekolah yang menitikberatkan kepedulian pada lingkungan dan memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajarnya. (Faiz Mudhokhi, WKS Humas SMKN 3 Yogyakarta)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *