Dr Raden Stevanus Apresiasi Gelar Budaya Unduh-Unduh di Klitren

beritabernas.com – Dr Raden Stevanus C Handoko S.Kom MM, Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengapresiasi pagelaran budaya Unduh-Unduh di Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Minggu 28 Mei 2023.

Gelar budaya unduh-unduh tersebut diadakan oleh Paguyuban Seni dan Budaya Kelurahan Klitren bersama elemen masyarakat yang bersinergi dengan berbagai pihak seperti Dinas Kebudayaan, komunitas budaya dan tokoh masyarakat.

Pergelaran seni dan budaya ini dihadiri berbagai kalangan, seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan dari Pemkot Yogyakarta, perwakilan dinas kebudayaan, Kemantren Gondokusuman, Kelurahan, RW, RT, LPMK, warga Gondokusuman dan sekitarnya.

Suasana gelar budaya unduh-unduh di Klitren. Foto: Istimewa

Menurut Dr Raden Stevanus C Handoko, aara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkat kepada umat manusia yang diwujudkan dalam bentuk persembahan berupa gunungan yang terbuat dari berbagai macam hasil bumi, sayur-sayuran, jajanan pasar dan barang konsumsi lainnya.

“Gelar budaya yang dilakukan hari ini perlu diapresiasi dan terus perlu dilakukan. Kegiatan perarakan, pementasan atraksi budaya menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar dan memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan,” kata Dr R Stevanus.

Dikatakan, keterlibatan warga dalam menjaga kebudayaan, tradisi gotong royong, kebersamaan, membangun semangat solidaritas sangat baik untuk memperkuat kebersamaan, persatuan dan kesatuan antar warga.

Apalagi atraksi yang dilakukanmelibatkan anak-anak dan remaja. Hal ini sangat baik sebagai bentuk mengenalkan, meningkatkan, mengembangkan dan melestarikan budaya. Regenerasi pelaku budaya diperlukan dis era digital yang mendorong perubahan di masyarakat.

Dr R Stevanus C Handoko S.Kom MM. Foto: Istimewa

Setelah semua prosesi selesai, seluruh gunungan yang mengikuti kirab budaya langsung diperebutkan oleh seluruh warga/ masyarakat Kelurahan Klitren yang sudah berkumpul di Embung Langensari.

‚ÄúSemoga Gelar Budaya Unduh-Unduh ini menjadi ikon kegiatan budaya di wilayah Kelurahan Klitren, sekaligus menjadi salah satu magnet wisata budaya tahunan yang nantinya dapat berdampak positif bagi warga sekitar dalam meningkatkan kesejahteraan melalui wisata budaya,” harap Dr R Stevanus.

Dr Raden Stevanus juga berharap semua pihak bisa berkolaborasi untuk meningkatkan skala pergelaran sehingga kegiatan ini dapat dilakukan secara periodik dan bereffec langsung dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *