Kemenag DIY Menilai Progres MTsN 3 Bantul Bagus

beritabernas.com – Tim Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY menilai progres MTsN 3 Bantul selama 4 tahun ini bagus. Program yang dicanangkan terealisasi dengan baik. Demikian pula branding sudah baik, namun harus lebih dilejitkan lagi, tak hanya internal madrasah tapi juga harus berani menasional bahkan go internasional

Sehingga ketika orang menyebut Madrasah di Bantul, yang dicari mestinya MTsN 3 Bantul. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada Komite Madrasah atas dukungan yang sangat luar biasa dalam kegiatan madrasah.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY Hj Anita Isdarmini SPd M.Hum dalam sambutan pada acara Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di ruang perpustakaan, Kamis 16 November 2023.

Ketua Tim PKKM Kanwil Kemenag menyampaikan sambutan. Foto: Istimwa

Kehadiran Anita Isdarmini selaku Ketua Tim PKKM bersama Hj Ening Soleh Yuni Astuti S.Ag MA mewakili Kasi Dikmad  Kankemenag Bantul, Pengawas Madrasah Kankemenag Bantul Etyk Nurhayati SPd.I. MPd  dan Drs Miftahul Bahri MPd. 

Mereka disambut Kepala Madrasah Sugeng Muhari S.Pd.Si MPd, Kepala TU Siti Chairul Hidayah S.Pd.I, Ketua Komite H Turmudzi, Guru dan TU.

BACA JUGA:

Dalam laporannya Sugeng Muhari menyampaikan bahwa dengan mengusung visi Terwujudnya generasi Islam yang Berimtak, Berbudaya dan Berprestasi  serta Ramah Lingkungan yang disingkat MATSAGA BERAMAL, madrasah membuat program unggulan KETAM (Kelas Tahfidz Matsaga), BTSU (Batik Tulis SIDO UNGGUL), RISMA (Riset Matsaga), GETER (Gelorakan Literasi), WALI (BerWawasan Lingkungan).

“Madrasah telah membuat desain Batik Tulis Sido Unggul, berciri khas potensi wilayah Wukirsari yaitu tanaman Srigunggu, rempah-rempah wedang uwuh Imogiri dan Wayang Kulit Pucung. Insyaallah pada puncak HAB Madrasah 31 Januari 2024 akan kita launching,” imbuh Sugeng.

Terkait dengan Program GETER, Ketua Tim Literasi Matsaga Drs Sutanto bersama anggota tim menggandeng Komunitas Yuk Menulis (KYM) pimpinan Vitriya Mardiyati mengadakan Festival Literasi Bantul 6 November 2023-30 Januari 2024 dengan peserta RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA/SMK se Bantul.

Minuman yang dibuat dari tanaman yang ada di Madrasah. Foto: Istimewa

“Bupati Bantul, Bunda Literasi Bantul, Kepala Disdikpora Bantul, Kepala Kankemenag Bantul, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul mendukung sepenuhnya program ini. Insyaallah launching buku hasil festival akan dilakukan 30 Januari 2024 mendatang,” terang Sutanto.

Tim PKKM mengaku puas atas jawaban dari 6 komponen (Kepribadian dan Sosial, Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan, Hasil Kinerja Kepala Madrasah).

Karena tak hanya bukti hitam di atas putih semata yang dicermati, namun termasuk implementasinya seperti penyelenggaraan jamaah salat, buku-buku antologi, proses pembelajaran serta hasil kewirausahaan yang disajikan. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *